Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Insentif Indonesia ke Korea Terus Tumbuh Pesat

Kompas.com - 03/04/2018, 06:32 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta kembali menyelenggarakan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) Roadshow pada Sabtu (28/3/2018), di Hotel Raffles Jakarta.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan fasilitas MICE terbaru di Korea kepada travel agent dan perusahaan-perusahaan di Indonesia, dengan harapan semakin menarik grup meeting dan insentif dari Indonesia ke Korea.

Menurut Manager Media KTO Jakarta, Irma, saat ini Korea tengah gencar-gencarnya mempromosikan diversifikasi pasar MICE, terutama meeting dan insentif Korea ke pasar Indonesia dengan populasi 250 juta penduduk.

Baca juga : Tempat Terbaik Melihat Bunga Sakura di Korea

Dari data KTO Jakarta, pada tahun 2017, jumlah wisatawan insentif Indonesia ke Korea yang tercatat oleh KTO mencapai 21.000 orang. Tahun sebelumya (2016) jumlah wisatawan insentif Indonesia 18.929 orang, terdapat kenaikan sekitar 2.000 orang.

"Jumlah tersebut menjadi bukti bahwa tren meeting dan insentif Korea semakin meningkat setiap tahunnya," tuturnya.

Baca juga : Boyband Born to Beat Jadi Duta Kehormatan Pariwisata Korea Selatan

Ia mengatakan wisatawan Indonesia yang mengadakan MICE tersebut berasal dari berbagai perusahaan, mulai dari asuransi, bank, MLM hingga sektor manufaktur. Namun, yang paling banyak menurutnya sektor asuransi.

Roadshow MICE yang dilakukan Korean Tourism Outhority (KTO) Jakarta salam mempromosikan wisata MICEnya di Indonesia, Sabu (28/3/2018).KTO Jakarta Roadshow MICE yang dilakukan Korean Tourism Outhority (KTO) Jakarta salam mempromosikan wisata MICEnya di Indonesia, Sabu (28/3/2018).
"Paling cepat empat hari di sana, paling lama tujuh hari," kata Irma kepada KompasTravel saat ditanya perihal lamanya wisatawan Indonesia mengadakan insentif di Korea.

Sedangkan destinasi yang dituju ialah Seoul, Gangwon, Jeju, juga Gyeonggi.

"Setelah roadshow tersebut, KTO berencana untuk melakukan berbagai aktivitas promosi supaya banyak pelaku bisnis meeting dan insentif Indonesia yang menjadikan Korea sebagai destinasi grup insentif mereka," katanya.

Acara Roadshow MICE tahunan ini dihadiri oleh beberapa perusahaan besar di Indonesia, travel agent, dan media. Institusi terkait MICE dari beberapa daerah seperti Seoul, Gyeonggi, Incheon, Busan, dan Jeju pun hadir untuk mempromosikan keunggulan fasilitas MICE dan keunikan masing-masing.

"Secara khusus, acara tahun ini memperkenalkan fasilitas terbaru MICE Korea dan tempat-tempat wisata utama dari daerah tersebut," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com