Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Rendang Asli Indonesia Ada yang "Crispy"!

Kompas.com - 04/04/2018, 15:08 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komentar juri MasterChef United Kingdom (Britania Raya), Gregg Wallace mengenai rendang ayam harus crispy memicu kontroversi. Namun, ternyata hidangan rendang khas Indonesia ada yang crispy!

Komentar juri MasterChef tersebut sempat ramai diperbincangkan warganet.  Warganet dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam kemudian bersatu untuk membenarkan jika renang tidak pernah garing.

Baca juga : Empat Negara Bersatu Bela Rendang

Namun, di balik banyaknya ragam jenis rendang di Indonesia, tepatnya di tanah Minang, ternyata ada satu jenis rendang yang garing atau crispy. Ialah rendang telur, khas Payakumbuh.

Salah satu deretan jalan yang menjadi surganya rendang di Payakumbuh ialah Jalan Tan Malaka, Kelurahan Sungai Durian, Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Di sanalah berjejer toko-toko menyajikan ragam jenis rendang unik, termasuk rendang telur yang crispy.

Baca juga : Juri MasterChef UK Sebut Kulit Rendang Ayam Harus Crispy

Jangan membayangkan rendang telur berasal dari telur rebus yang dimasak dengan olahan bumbu rendang. Rendang telur ini berwujud seperti keripik dengan bumbu rendang.

Salah satu tempat yang menyediakan oleh-oleh rendang dapat ditemui di Bandara Internasional Minangkabau. Rendang yang dijual di bandara beragam. Ada rendang basah  dan rendang kering. Ada rendang telur, rendang paru, ada juga rendang runtiah yang berupa daging yang disuwir-suwir.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Salah satu tempat yang menyediakan oleh-oleh rendang dapat ditemui di Bandara Internasional Minangkabau. Rendang yang dijual di bandara beragam. Ada rendang basah dan rendang kering. Ada rendang telur, rendang paru, ada juga rendang runtiah yang berupa daging yang disuwir-suwir.
KompasTravel sempat mengintip cara pembuatannya di salah satu gerai rendang, yaitu di dapur Rendang Riry.

Telur dicampur dengan tepung dan sejumlah bumbu, diolah menjadi telur dadar yang tipis. Dadar tipis itu kemudian dipotong-potong dengan ukuran sekitar 4 cm x 6 cm.

Setelah itu potongan dadar telur itu dicemplungkan ke kuali besar berisi bumbu rendang. Setelah bumbu kering, potongan rendang yang sebelumnya layu menjadi kaku.

Kami mencicipi beberapa potong. Teksturnya garing bagai keripik. Rasanya gurih berbalut bumbu rendang nan pedas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com