Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat untuk Penikmat Makanan Tradisional di Ubud Bali

Kompas.com - 18/04/2018, 10:21 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencari kuliner tradisional di Bali tidak sulit. Ada banyak restoran yang menawarkan menu hidangan Nusantara. Permasalahannya, banyak yang menawarkan rasa kuliner Indonesia yang disesuaikan untuk lidah orang asing.

Bagi orang Indonesia yang rindu akan kuliner tradisional autentik, lima tempat ini dapat menjadi pilihan. Beberapa di antaranya adalah bisnis keluarga turun temurun di Ubud. Berikut lima lokasi mencoba kuliner autentik di Ubud, dirangkum dari Ubud Food Festival 2018:

1. Ayam Betutu Pak Sanur

Dari warungnya yang ramai warga lokal, sudah menjadi jaminan Pak Sanur menyajikan ayam betutu autentik. Ia membuka warung sejak 1986.

Baca juga : Cari Bebek Betutu Otentik? Datanglah ke Ubud

Keistimewaan ayam betutu Pak Sanur adalah dimasak selama 12 jam dengan api kecil, dengan ragam bumbu dan rempah yang lengkap. Maka saat menyantap, semua daging dan kulit akan dengan mudah lepas dari tulangnya.

Harga ayam betutu buatan Pak Sanur dihargai Rp 100.000 per ekor. Sementara, untuk porsi per piring lengkap dengan sayur mayur dihargai Rp 25.000.

Warungnya buka dari pagi hari sekitar 08.00-20.00. Ayam Betutu Pak Sanur beralamat di Jalan Arjuna nomor 19, Ubud.

Cara memasak bebek betutu dengan cara tradisional.Kompas.com/Silvita Agmasari Cara memasak bebek betutu dengan cara tradisional.
2. Bebek Betutu Pak Ketut

Pak Ketut adalah tetangga Pak Sanur. Rumahnya beralamat di Jalan Arjuna nomor 10. Namun jangan salah, Pak Ketut tidak membuka warung atau restoran.

Rumahnya juga tidak ada papan tanda yang menandakan ia berjualan bebek. Keluarga Pak Ketut sejatinya adalah pemasak bebek betutu untuk Puri Ubud dan pemasok ke restoran.

Baca juga : Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Pedasnya Bikin Nangis

Untuk memesan bebek betutu Pak Ketut perlu dua hari sebelum. Satu bebek betutu buatan Pak Ketut dihargai Rp 130.000. Soal rasa? Bebek betutu buatan Pak Ketut ini dijamin enak.

Bebek betutu dimasak selama 12 jam dengan teknik kubur dengan kulit aris beras dan pelepah pinang. Rasanya luar biasa, dengan daging bebek empuk, dan bumbu yang meresap sampai ke lapisan terdalam bebek.

Babi guling Bu Oka, warung babi guling terkenal di Ubud. KOMPAS.com/Silvita Agmasari Babi guling Bu Oka, warung babi guling terkenal di Ubud.
3. Babi Guling Bu Oka

Bagi wisatawan yang mengonsumsi daging babi, Warung Bu Oka adalah pelopor babi guling di Ubud. Saat ini ia memiliki tiga warung. Salah satunya berlokasi di Jalan Tegal Sari nomor 2 yang juga merupakan kediaman keluarga Bu Oka.

Bisnis babi guling keluarga dirintis oleh Bu Oka sejak 1950 dan saat ini diteruskan oleh putranya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com