Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Tahun 2020, Malaysia Targetkan 3,4 Juta Wisatawan Indonesia

Kompas.com - 18/04/2018, 20:00 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - The Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Kuala Lumpur bersama Tourism Malaysia mengadakan Malaysia Travel Roadshow, pada 16 April 2018 di Surabaya dan 18 April 2018 di Jakarta.

Berbagai acara digelar dalam roadshow tersebut, salah satunya travel mart bertajuk "MATTA Sales Mission Visit Indonesia", yang diadakan di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (16/4/2018). Dalam forum Table Top (B to B) tersebut mempertemukan para travel agent di Jakarta dengan para operator dan theme park dari Malaysia.

Ketua MATTA Chapter Kuala Lumpur, Rocky Kho mengatakan misi perdagangan ini diikuti oleh 35 anggota MATTA, yang terdiri dari 20 travel agent dan 15 hotel dan theme park.

George Town di Penang, Malaysia.KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA George Town di Penang, Malaysia.

"Sejalan dengan program Visit Malaysia Year (VMY) 2020, kita menargetkan wisatawan Indonesia yang berkunjung mencapai 3,4 juta wisatawan hingga 2020," terangnya dalam konferensi pers di sela acara travel mart.

Ia memaparkan, tahun 2017 wisatawan Indonesia menempati peringkat ke dua terbanyak yang datang ke Malaysia, setelah wisatawan Singapura. Jumlah wisatawan Indonesia tersebut hingga 2.796.570 orang.

Dalam acara tersebut, Tourism Malaysia juga turut mengundang ASTINDO selaku Aosiasi Tour and Travel Agent Indonesia. Ketua Umum ASTINDO, Elly Hutabarat mengatakan ini kerjasama bidang pariwisata yang baik antara Indonesia dan Malaysia.

"MATTA dan ASTINDO akan berkomitmen sama-masa menaikkan jumlah wisatawan ke negaranya," terang Elly.

Pendaki-pendaki asal Indonesia berfoto dengan latar belakang Gunung Kinabalu di area Kinabalu Park, Ranau, Sabah, Malaysia, Senin (21/11/2016). Gunung Kinabalu sendiri berstatus sebagai gunung tertinggi di Pulau Kalimantan yakni berketinggian 4.095,2 meter di atas permukaan laut (mdpl). KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pendaki-pendaki asal Indonesia berfoto dengan latar belakang Gunung Kinabalu di area Kinabalu Park, Ranau, Sabah, Malaysia, Senin (21/11/2016). Gunung Kinabalu sendiri berstatus sebagai gunung tertinggi di Pulau Kalimantan yakni berketinggian 4.095,2 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Duta Besar Malaysia Untuk Indonesia, Dato Seri Zahrain Mohamed mengatakan pariwisata merupakan industri yang penting bagi kedua negara. Tak heran dalam hal ini kedua pihak selalu bekerja sama.

"Potensi alam Malaysia pun tak kalah menarik untuk dikunjungi wisatawan Indonesia. Kita punya pantai, gunung dan tempat nyaman nan cantik. Kita bikin tempat yg nyaman untuk turis mancanegara," pungkasnya.

Menurutnya selain potensi wisata alam yang sangat potensial bagi wisatawan Indonesia ialah wisata belanja dan wisata halal Malaysia. Tiga juta wisatawan dari Indonesia datang hanya untuk berlibur ke Malaysia, belum termasuk bisnis dan pelajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com