Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Keselamatan, Selalu Perhatikan Ini sebelum Pesawat Lepas Landas

Kompas.com - 23/04/2018, 11:09 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menggunakan transportasi pesawat, pastikan Anda memerhatikan beberapa hal sebelum lepas landas. Perhatian Anda dapat berpengaruh kepada keselamatan nyawa dan keamanan selama penerbangan.

"Untuk penumpang, saran saya selalu memperhatikan instruksi dan peragaan keselamatan dari awak kabin," kata pengamat penerbangan Alvin Lie saat dihubungi KompasTravel, Jumat (20/4/2018).

Maskapai memiliki kewajiban untuk memberi penjelasan penanganan kondisi darurat kepada setiap penumpang. Penjelasan ini harus dilakukan sebelum pesawat lepas landas.

Baca juga : Dilarang di Pesawat, Ini Tips untuk Pengguna Power Bank

Umumnya diperagakan oleh pramugari langsung atau sekarang lewat tayangan layar di setiap kursi. Bisanya yang diberi tahu adalah letak pintu darurat, letak pelampung, cara mengenakan pelampung, dan masker oksigen.

"Selalu menghitung lokasi diri. Berapa kursi yang diduduki dari pintu atau jendela darurat," jelas Alvin.

Baca juga : Perokok di Apron Seharusnya Dilarang Naik Pesawat Selama Setahun

Sebenarnya pramugari telah memberi tahu lokasi pintu atau jendela darurat saat instruksi keselamatan. Namun itu secara keseluruhan bagi puluhan penumpang. Baiknya, menghitung sendiri dari jarak antar kursi seperti saran Alvin.

"Selalu menggunakan sabuk pengaman apabila tidak sedang harus meninggalkan tempat duduk, seperti ke toilet," kata Alvin.

Ilustrasi penumpang pesawatChalabala Ilustrasi penumpang pesawat
Terakhir sarannya jangan menyalakan handphone dan mengisi handphone dengan pengisi daya. Kegiatan tersebut dianggap membahayakan penerbangan.

Berkaca dari insiden kecelakaan maskapai asal Amerika Serikat Southwest Airlines, Selasa (17/4/2018) banyak penumpang yang salah menggunakan masker oksigen. Makser hanya digunakan di mulut, alih-alih dari hidung sampai mulut.

Foto selfie dan video penumpang tersebut kemudian dicurigai banyak orang karena penumpang tidak menyimak instruksi awak kabin sebelum pesawat lepas landas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com