Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Destinasi Wisata Ini Bikin Tara Basro Jatuh Cinta...

Kompas.com - 23/04/2018, 19:00 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


PASURUAN, KOMPAS.com - Traveling tampaknya bukan hanya sekedar menghibur diri dan melepas penat untuk Tara Basro. Ia mengaku jatuh cinta pada beberapa tempat di Indonesia Timur.

"Jatuh cintanya sama bagian-bagian timur Indonesia, Maumere dan Sumba, ga tau kenapa hati gue ada di sana," tuturnya saat ditemui KompasTravel dalam acara Picnic Breakfast, Plataran Bromo, Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (21/4/2018).

Maumere dan Sumba, keduanya ia kunjungi saat menjalani syuting film bersama rekannya. Saat itu ia mengaku sangat menikmati keindahan alam di sana.

Pemandangan Km 10 Jalan Raya Ende-MaumereKOMPAS.com/Sri Anindiati Nursastri Pemandangan Km 10 Jalan Raya Ende-Maumere

"Saya pasti selalu menyempatkan, mengunjungi beberapa tempatnya, sangat memanfaatkan momen banget waktu itu. Tempat syutingnya juga di alam," tuturnya.

Di Sumba ia mengunjungi Sumba Timur, tepatnya di Walakiri. Sayangnya, ia belum sempat untuk menikmati keindahan bawah lautnya Sumba.

Menurut Tara, meresapi keindahan alamnya dengan menyendiri, dan sesekali berinteraksi dengan warga sekitar sudah membuat amat terkesan.

"Saya ga sempat diving karna memang saya ga biasa diving gitu, agak ngeri. Padahal warna airnya lagi jernih banget waktu itu bulan Juli-Agustus," sebut Tara.

Suasana Desa Adat Wunga, Kecamatan Haharu, Sumba Timur, pekan lalu. Desa yang berada di atas bukit kapur dan ada banyak kubur batu tua itu dipercaya warga Sumba sebagai kampung pertama nenek moyang mereka. Studi genetika menemukan, Wunga memiliki keragaman genetik paling lengkap di seluruh Sumba sehingga diduga orang Sumba berasal dari desa itu. Ahmad Arif/KOMPAS Suasana Desa Adat Wunga, Kecamatan Haharu, Sumba Timur, pekan lalu. Desa yang berada di atas bukit kapur dan ada banyak kubur batu tua itu dipercaya warga Sumba sebagai kampung pertama nenek moyang mereka. Studi genetika menemukan, Wunga memiliki keragaman genetik paling lengkap di seluruh Sumba sehingga diduga orang Sumba berasal dari desa itu.

Menurut aktris bernama lengkap Andi Mutiara Pertiwi Basro, ini liburan bukan hanya untuk bersenang senang sama teman, atau melepas penat, tetapi juga untuk merefleksikan diri.

"Jadi selain senang-senang tuh, sambil kita merefresh diri di alam, meditasi, lepas dari semuanya sampai saya suka jalan-jalan nyeker, duduk tiduran di tanah," ujar Tara.

Terlebih jika ke tempat-tempat dengan lanskap pegunungan yang tinggi, ia merasa sangat kecil di tengah lukisan alam yang dibuat Tuhan.

Untuk rencana traveling selanjutnya, ia akan mengunjungi Bajawa di Flores Tengah, tahun ini bersama rekannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com