Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Lucu Koki di Yogyakarta yang Memasak untuk Obama

Kompas.com - 24/04/2018, 06:47 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasak untuk tamu memang tugas seorang koki. Namun apa jadinya jika tamu tersebut adalah tokoh terkenal, seperti Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barrack Obama?

Executive Chef dari Hotel Tentrem Yogyakarta, Maranata Butar Butar punya cerita tersendiri saat memasak untuk Obama pada 2017.

"Waktu itu Obama pesan sate, saus kacangnya saya pisahkan di mangkuk. Terus dia makan sausnya sendiri, pisah sama sate. Dia makan saus pakai sendok. Enak katanya, terus dia minta tambah sausnya," kata koki yang akrab disapa Chef Nata itu.

Baca juga : Liburan di Indonesia, Ini Ragam Kuliner yang Dicicipi Obama

Nata lantas menahan geli melihat Obama menyantap sate dengan cara tak lazim untuk orang Indonesia tersebut. Pengalaman lainnya yang tak terlupakan adalah saat dia diminta mencoba sendiri makanan yang dibuatnya.

"Saya sudah tata bagus-bagus, sampai telurnya saya taruh dengan sangat hati-hati biar tak pecah. Eh sama secret service-nya saya yang disuruh makan," cerita Nata.

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (tengah) dan keluarganya tiba di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017). Obama menghabiskan waktu 10 hari untuk berlibur bersama keluarga di Indonesia, seperti di Bali, Yogyakarta dan Jakarta, kota tempatnya menghabiskan masa kecil. STR / AFP Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (tengah) dan keluarganya tiba di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017). Obama menghabiskan waktu 10 hari untuk berlibur bersama keluarga di Indonesia, seperti di Bali, Yogyakarta dan Jakarta, kota tempatnya menghabiskan masa kecil.
Ternyata secret service alias ajudan Obama punya pola keamanan yang berbeda setiap hari. Menurut Nata, pada hari pertama ia memasak untuk Obama, secret service yang mencoba dahulu makanan sebelum disajikan ke Obama.

Baca juga : Tiga Akomodasi Pilihan Obama Selama di Indonesia

Hari kedua justru dirinya, sang pemasak yang disuruh makan hasil masakan sendiri.

Ia bercerita saat memasak selalu ditemani ajudan Obama. Semua bahan dan bumbu makanan yang dimasukkan dilihat dengan jelas.

Jangankan proses masak, sebelum Obama datang, Nata juga harus melalui tahap wawancara dan memberi data pribadi serta pengalaman kerja.

"Sampai tetangga saya juga ditanya namanya saya. Dua rumah dari samping, depan, dan belakang," cerita Nata. Ia sendiri sudah 25 tahun berkarier di bidang masak memasak dan mendalami masakan Barat.

Mantan presiden AS Barack Obama (tengah) dan keluarganya tiba di Borobudur, Magelang, Rabu (28/6/2017). Obama berlibur ke Indonesia selama 10 hari dan berencana mengunjungi sejumlah kota, yaitu Bali, Yogyakarta, dan Jakarta.AFP PHOTO / STR Mantan presiden AS Barack Obama (tengah) dan keluarganya tiba di Borobudur, Magelang, Rabu (28/6/2017). Obama berlibur ke Indonesia selama 10 hari dan berencana mengunjungi sejumlah kota, yaitu Bali, Yogyakarta, dan Jakarta.
Pengalaman tak terlupakan lain, menurut Nata, saat Obama memesan langsung makanan kepada dirinya. Obama saat itu memesang tumis kangkung.

"Dia sebut kangkung begitu, saya kaget dia bisa sebut itu," katanya.

Terakhir sebelum Obama check out dari hotel, Nata punya kesempatan untuk berfoto berdua bersama Obama. Tamunya yang tak terlupakan.

Barrack Obama bersama istri dan anaknya menginap di Hotel Tentrem, Yogyakarta pada 28-30 Juni 2017 dalam rangka liburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com