Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Buka Penerbangan Langsung Denpasar-Mumbai

Kompas.com - 24/04/2018, 21:10 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia resmi mengoperasikan penerbangan langsung Denpasar- Mumbai, Senin (23/4/2018). Rute tersebut akan beroperasi dua kali dalam satu minggunya, pada Senin dan Kamis.

Pesawat Airbus A330-200 dipilih untuk melayani rute terbaru tersebut, dengan konfigurasi 36 kelas business dan 186 kelas ekonomi yang berkapasitas 222 penumpang.

Jadwal keberangkatan dari Denpasar akan dilayani pada pukul 15.40 WITA dan tiba di Mumbai pada pukul 20.25 waktu setempat.

Untuk jadwal keberangkatan dari Mumbai akan dilayani pada pukul 21.50 waktu setempat dan akan tiba di Denpasar pada pukul 07.55 WITA.

Peresmian rute penerbangan Denpasar – Mumbai tersebut diresmikan secara simbolis oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansury bersama-sama Menteri Pariwisata Indonesia, Arief Yahya dalam kegiatan simbolis di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar Selasa (24/4/2018).

Pahala mengungkapkan, pembukaan rute tesebut jadi salah satu upaya Garuda Indonesia untuk memperluas jaringan internasionalnya khususnya di kawasan Asia Selatan.

Pesawat Airbus A330-200 dipilih untuk melayani rute terbaru Denpasar-Mumbai, yang baru dibuka, Senin (23/4/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pesawat Airbus A330-200 dipilih untuk melayani rute terbaru Denpasar-Mumbai, yang baru dibuka, Senin (23/4/2018).

Pembukaan rute tersebut juga karena melihat jumlah wisatawan India sepanjang tahun 2017 tumbuh sebesar sebesar 28,8 persen secara nasional.

Ia mengharapkan dapat memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna jasa yang akan bepergian menuju Mumbai dari Denpasar sekaligus memberikan kemudahan bagi wisatawan India untuk mengunjungi Indonesia.   

“Selain agar meningkatkan kunjungan wisatawan India, rute baru ini juga diharapkan dapat semakin memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan India melalui pengembangan basis konektivitas kedua negara yang dapat mendukung perekonomian, pariwisata, serta sosial budaya," ungkap Pahala dalam siaran pers yang diterima KompasTravel.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya berharap penerbangan Garuda Indonesia dari Mumbai, India menuju Denpasar juga akan menjadi “hub” wisatawan dari India untuk menuju rute-rute domestik lainnya.

Antara lain tujuan Yogyakarta, Ujung Pandang (Makassar), Manado, Labuan Bajo, dan berbagai destinasi wisata domestik lainnya yang saat ini terus dikembangkan oleh pemerintah.

Pembukaan rute terbaru Denpasar-Mumbai oleh Garuda Indonesia, yang baru dibuka, Senin (23/4/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pembukaan rute terbaru Denpasar-Mumbai oleh Garuda Indonesia, yang baru dibuka, Senin (23/4/2018).

Bandara Internasional Mumbai - Chhatrapati Shivaji International Airport (CSIA) merupakan salah satu bandara dengan tingkat trafik penerbangan tertinggi di India.

Dengan kapasitas penumpang yang mencapai lebih dari 32 juta penumpang setiap tahunnya, Chhatrapati Shivaji International Airport melayani lebih dari 90 destinasi penerbangan di seluruh dunia.

"Kami optimistis dengan potensi trafik di Bandara Internasional Mumbai tersebut, kami dapat semakin memaksimalkan pasar Garuda Indonesia”, tutup Pahala.

Garuda Indonesia saat ini melayani lebih dari 90 destinasi di seluruh dunia dan berbagai daerah di Indonesia, dengan jumlah penerbangan mencapai 600 penerbangan per hari. Saat ini Garuda Indonesia Group mengoperasikan sebanyak 202 armada (dengan rata-rata usia 5 tahun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com