Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Kupat Lodoh di Jajanan Malam Desa Olehsari Glagah Banyuwangi

Kompas.com - 25/04/2018, 13:28 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Ada satu lagi acara yang wajib dikunjungi saat berkunjung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yaitu Jajanan Bengi yang digelar setiap Sabtu malam oleh warga di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah.

Pengunjung bisa menikmati berbagai macam jajanan dan makanan khas masyarakat Using yang dijual di sepanjang jalan desa seperti ketan kirip, cenil, sawut, lupis dan jajanan pasar lainnya.

Di Jajanan Bengi juga tersedia makanan dengan harga yang cukup terjangkau seperti pecelan, uyah asem, pecel pitik, nasi pecel atau minuman seperti dawet dan es cao menek.

Baca juga : Ayam Kesrut dari Banyuwangi, Bumbu Sederhana Rasa Istimewa

Namun yang spesial adalah Kupat Lodoh, yaitu makanan khas yang biasanya hanya ada saat hari raya.

Pengunjung bisa menikmati jajanan di sepanjang jalan Desa Olehsari, Banyuwangi, Jawa Timur.KOMPAS.com/IRA RACHMAWATI Pengunjung bisa menikmati jajanan di sepanjang jalan Desa Olehsari, Banyuwangi, Jawa Timur.
Seporsi kupat lodoh terdisi dari potongan ketupat, ayam lodoh dan telur pindang. Bumbu ayam lodoh terbuat dari kelapa yang sudah tua, lalu diparut dan disangrai tanpa minyak.

Setelah kering proses selanjutnya adalah ditumbuk sampai halus dan keluar minyak hingga berbentuk seperti pasta.

Baca juga : Di Banyuwangi, Menteri Rini Pesta Durian Merah

Sementara bumbu yang dgunakan adalah 'bumbu genep' yang terdiri dari merica, kemiri, ketumbar, pala, jahe, jinten, kayu manis, cabai besar, cabai rawit, laos, kunir, serai, garam dan gula.

"Setelah bumbunya dihaluskan kemudian di tumis. Baru lodoh dimasukkan lalu diberi air. Terakhir ayam kampung yang digoreng sebentar dimasukkan kedalam bumbu dan dimasak sampai matang," jelas Erna, penjual kupat lodoh kepada Kompas.com, Sabtu (21/4/2018).

Seorang pengunjung sedang membeli makanan di Desa Olehsari, Banyuwangi, Jatim.KOMPAS.com/IRA RACHMAWATI Seorang pengunjung sedang membeli makanan di Desa Olehsari, Banyuwangi, Jatim.
Sedangkan untuk membuat telur pindang cukup mudah, yaitu telur ayam direbus dengan bebagai macam rempah salah satunya adalah kulit bawang dan daun jambu biji.

"Jika kurang pedas tinggal ditambahkan cabai," jelas Erna.

Perempuan berjilbab tersebut mengaku sengaja menjual kupat lodoh karena makanan tersebut biasanya hanya ada saat hari raya dan menjadi makanan khas masyarakat Using.

"Jadi kalau ada kangen kupat lodoh nggak harus nunggu lebaran agar bisa makan. Cukup datang saja ke sini tiap malam Minggu," kata Erna sambil tertawa.

Para pengunjung bisa menikmati makanan yang dipesan dengan duduk di tepi jalan sepanjang gang desa atau menumpang di depan rumah warga. Jika beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan tontonan tari Gandrung.

Penjual jajanan di Desa Olehsari Glagah Banyuwangi, Jatim, Sabtu (21/4/2018).KOMPAS.com/IRA RACHMAWATI Penjual jajanan di Desa Olehsari Glagah Banyuwangi, Jatim, Sabtu (21/4/2018).
Jajanan bengi ini dimulai jam 6 malam namun tidak sampai jam 10 malam, biasanya makanan dan minuman yang dijual sudah ludes di borong oleh pengunjung.

Semua penjual adalah warga Desa Olehsari yang juga terkenal dengan desa adat Seblang Banyuwangi. Ada sekitar 25 stand yang menyediakan jenis jenis makanan, minuman dan jajanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com