Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Event Besar Siap Jadi Magnet Wisata Banten

Kompas.com - 25/04/2018, 18:28 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi Banten memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan termasuk dalam 10 destinasi pariwisata prioritas. Hal ini dipercaya mendatangkan banyak wisatawan mancanegara (wisman).

Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural dan Ketua Pelaksana Kalender Event Indonesia 2018, Esthy Reko Astuty, mengatakan Banten ditugaskan mendatangkan satu juta wisman tahun ini.

"Dengan adanya acara Rhino Cross Triathlon ditambah wisatawan dari Festival Pesona Tanjung Lesung, harapannya Banten tahun ini kedatangan 1 juta wisatawan mancanegara," tutur Esthy dalam pembukaan konferensi pers Rhino Cross Triathlon di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Menjawab hal tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten, Eneng Nurcahyari, mengatakan Festival Pesona Tanjung Lesung dan Rhino Cross Triathlon siap jadi magnet terbesar wisata Banten tahun ini. Sebelumnya, Seba Baduy yang baru saja diselenggarakn Maret-April 2018.

"Seperti tahun kemarin, keduanya akan berbarengan dan diharapkan agar lebih mengangkat pariwisata Banten. Kita sajikan menu utamanya sport tourism, di sisi lain kemasan budaya, hingga kuliner juga bisa dinikmati nanti di rangkaian festival," ungkap Eneng.

Eneng juga tengah merumuskan rangkaian acara apa saja yang akan disajikan dalam Festival Pesona Tanjung Lesung. Festival tersebut akan menyajikan penampilan kolosal dari berbagai kebudayaan di Banten.

Selain itu, yang khas dari festival ini ialah sajian kulinernya yang berasal dari seluruh Banten, termasuk durian yang terkenal dari Pandeglang.

"Kami sedang berupaya mempersiapkan satu agenda Pesona Tanjung Lesung yang merupakan acara berkelas internasional. Kami sudah merancang berbagai agenda dalam festival tersebut, salah satu rangkaian tingkat internasionalnya ialah Rhino X Triathlon ini, yang akan mengundang wisatawan dari banyak negara," pungkas Eneng.

Di gelaran pertamanya tahun 2017, acara ini mengundang total 190 peserta wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus).

Tahun ini penyelenggara menargetkan peserta triathlon sebanyak 100 wisman dan 200 wisnus.

"Jumlah tersebut diluar tim seperti keluarga, supporter, dan rekan yang tidak ikut lomba tapi bisa menikmati festival," ujar Fachrully F. Lashido, Managing Director Pengelola Kawasan Tanjung Lesung sekaligus CEO Rhino Cross Triathlon dalam kesempatan yang sama.

Ia membocorkan mulai awal April tahun ini telah ada 100 peserta lebih yang mendaftar, dari wisman maupun wisnus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com