Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Wisman, Menpar Sarankan Manado jadi Hub untuk Gorontalo

Kompas.com - 26/04/2018, 22:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung dan meyarankan Gorontalo untuk terus tingkatkan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

“Jadi salah satu taktik yang bisa digunakan Gorontalo itu menjadikan Sulawesi Utara sebagai hub-nya. Terutama Manado itu banyak sekali wisman (wisatawan mancanegara)-nya,” ujar Arief dalam dalam acara Lauching Calendar of Event Pesona Pariwisata Gorontalo 2018 di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (25/4/2018) malam.

Ia melanjutkan, tahun 2018 diperkirakan akan ada lebih dari 100 ribu wisman yang datang ke Manado.

Sementara diperkirakan wisman yang datang langsung ke Gorontalo hanya sekitar 8.000 orang.

Cangak merah dan sejumlah burung air di Danau Limboto, Gorontalo. KOMPAS.com/ROSYID AZHAR Cangak merah dan sejumlah burung air di Danau Limboto, Gorontalo.

“Maka taktik yang bagus jadikanlah Manado sebagai hub,” tegas Arief.

Caranya, lanjut dia, bisa dengan cara bekerjasama dengan travel agent untuk menjual paket wisata Manado dan Gorontalo untuk para wisman.

Bagi Arief, jika Gorontalo bisa menerapkan Manado sebagai hub, maka bisa lebih cepat meningkatkan kunjungan wisatawan terutama wisman.

“Kalau strategi itu digunakan maka bisa lebih cepat, tapi kalau sendiri tidak akan pernah bisa. Nah maka dari itu kita harus smart untuk jadikan Manado hub dan buat paket Manado Gorontalo satu paket,” jelas dia.

Kawasan Pentadio Resort yang berada di tepi Danau Limboto, Gorontalo. Daya tarik yang ditawarkan adalah air panas bumi yang bisa dinikmati dalam kolam renang, sauna hingga sungai panas.KOMPAS.COM/FAIZAL DJAU Kawasan Pentadio Resort yang berada di tepi Danau Limboto, Gorontalo. Daya tarik yang ditawarkan adalah air panas bumi yang bisa dinikmati dalam kolam renang, sauna hingga sungai panas.
Menurut Arief, Gorontalo sangat kuat untuk menarik wisman dari China yang sangat menyukati obyek wisata alam, pantai dan wisata kuliner dan ini dimiliki Gorontalo.

Sebagai bagian dari unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilatas), untuk meningkatkan kunjungan wisatawan

Mendapat saran sekaligus tantangan tersebut, Gubernur Provinsi Gorontalo Rusli Habibie siap menerima tantangan dan mencoba hal tersebut untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com