Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kota Kuliner Terbaik di Dunia, Salah Satunya di Asia Tenggara

Kompas.com - 01/05/2018, 20:25 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggemar wisata kuliner, siapkan paspor Anda.

Sebab, menurut TripAdvisor yang baru-baru ini mengeluarkan daftar kota-kota terbaik di dunia untuk penggemar kuliner, Anda sebaiknya memasukan kota-kota berikut sebagai destinasi impian.

Berdasarkan ulasan para pelancong di situs perjalanan TripAdvisor, ada tiga kota di Italia yang mendapatkan tempat dalam daftar tersebut.

Kota Roma meraih predikat pertama sebagai destinasi untuk pecinta makanan. Florence dan Venesia adalah kota lainnya di Italia yang masuk dalam daftar.

Semakin banyak wisatawan yang merencanakan destinasi liburannya dengan pertimbangan makanan.

Menurut data dari TripAdvisor, pemesanan untuk tur kuliner pada situs tersebut tahun lalu naik sebesar 61 persen dibanding tahun 2016.

"Pelancong semakin tertarik mencari pengalaman lokal dalam destinasi tujuan mereka dan tur makanan serta kelas memasak adalah cara terbaik untuk merasakan pengalaman tersebut. Lalu saat ia pulang membawa resep lokal dari destinasi tersebut atau restoran baru yang ditemukan saat liburan, hal-hal ini menjadi suvenir liburan yang terbaik," kata Laurel Greatrix, juru bicara TripAdvisor seperti dikutip dari HuffingtonPost.com.

Kota-kota kuliner terbaik berikut diurutkan berdasarkan ulasan pengguna TripAdvisor, rating, dan volume pemesanan wisata kuliner yang dipesan dari situs tersebut.

1. Roma

Tidak heran jika Roma yang memang terkenal sebagai kota kuliner, bisa menduduki peringkat satu. Baik Anda sekadar menikmati cacio e pepe yang disajikan di meja tepian Felice a Testaccio, sampai tur mencicipi gelato terbaik, Anda tidak akan puas menikmati makanan-makanan Roma dalam sekali kunjungan.

 

Salah satu tur kuliner yang paling banyak dipesan adalah tur makanan saat matahari terbenam di sekitar distrik Prati.

2. Florence    

Kota lainnya di Italia masuk dalam daftar ini. Mercato Centrale di Florence merupakan pengalaman wisata belanja khas Italia yang mengesankan.

Pasar terbuka yang berdiri pada tahun 1874 ini menjadi tempat berkumpulnya berbagai stan makanan dan restoran.

Tur kuliner paling dipesan melalui TripAdvisor di kota ini  adalah kelas memasak dan makan siang di rumah pertenakan di Tuscan, peserta juga diajak tur ke pasar.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com