Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banda Aceh Promosikan 5 Kuliner Unggulan

Kompas.com - 05/05/2018, 19:20 WIB
I Made Asdhiana

Editor

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Banda Aceh mempromosikan lima kuliner unggulan kepada masyarakat internasional untuk mendukung ibu kota Provinsi Aceh tersebut sebagai destinasi pariwisata dunia.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Sabtu (5/5/2018), mengatakan, kuliner yang dipromosikan tersebut memiliki cita rasa tinggi dan sudah dikenal masyarakat internasional.

"Ada lima kuliner yang dipromosikan. Kelima kuliner ini sudah menjadi ikon Aceh dan Banda Aceh pada khususnya. Promosi ini untuk lebih mengenalkan kuliner tersebut kepada masyarakat dunia," kata Aminullah Usman.

Baca juga : Setelah Kopi Aceh, Kini Muncul Mie Goreng Aceh

Kelima kuliner tersebut yakni mi dan kopi aceh, ayam tangkap, kuah beulangong (kari daging), timpan, asoe kaya (srikaya), dan roti cane. Kuliner-kuliner itu banyak diperjualbelikan di Aceh.

Mi Aceh di Kota Banda Aceh, Aceh, Kamis (30/11/2017).KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Mi Aceh di Kota Banda Aceh, Aceh, Kamis (30/11/2017).
Menurut Aminullah, pihaknya juga sudah mengusulkan kelima macam kuliner tersebut ke Komite Ekonomi dan Industri RI. Nantinya, lembaga tersebut akan membantu promosi ke mancanegara.

"Dengan promosi ini diharapkan kuliner Aceh dikenal masyarakat dunia. Tujuannya agar masyarakat dunia berkunjung ke Aceh dan Banda Aceh pada khususnya," kata dia.

Baca juga : Menu Baru Citilink, Ayam Tangkap Aceh, Ikan Arsik Medan, hingga Nasi Campur Bali

Selain kuliner, Wali Kota menyebutkan pihaknya juga memfokuskan pengembangan usaha ekonomi kreatif. Pengembangan ekonomi kreatif ini untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata Banda Aceh.

Menurut Wali Kota, usaha ekonomi kreatif tersebut mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Dengan majunya usaha ekonomi kreatif tersebut, tentu akan membantu pemerintah kota mengatasi pengangguran dan kemiskinan.

Kuah Beulangong sudah siap disajikan untuk dinikmati bersama-sama.KOMPAS.COM/DASPRIANI Y ZAMZAMI Kuah Beulangong sudah siap disajikan untuk dinikmati bersama-sama.
Kepada pelaku usaha ekonomi kreatif, Wali Kota Banda Aceh mengharapkan mampu menghasilkan produk berkualitas. Dan terutama promosi harus terus dilakukan agar produk tersebut dikenal wisatawan.

"Promosi paling mudah sekarang ini melalui media sosial. Karena itu, manfaatkan media sosial untuk mengenalkan produk. Dan paling penting adalah produk yang dihasilkan harus berkualitas," kata Aminullah Usman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com