Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambal Apa yang Paling Digemari Masyarakat Indonesia?

Kompas.com - 10/05/2018, 15:29 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak ragam sambal. Mulai dari sambal terasi, sambal bawang, sambal korek, sambal roa, dan masih banyak lagi.

Tiap daerah memiliki sambal khas. Peneliti Ilmu Pangan Senior Universitas Gajah Mada, Murdijati Gardjito dalam riset terbarunya menghimpun 322 jenis sambal di Nusantara.

Sambal apa yang paling disukai masyarakat Indonesia secara umum?

Di sela-sela seminar Kuliner Serba Pedas, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Selasa (8/5/2018), Direktur Super Sambal, Yoyok membocorkan jenis-jenis sambal yang paling disukai masyarakat dari 84 kedainya di Indonesia.

"Dari data kita, yang paling disukai justru sambal yang simpel, sambal sederhana yang jadi resep dasar sambal lainnya," ujar Yoyok kepada KompasTravel.

Ia menyebutkan sambal bawang dan sambal terasi selalu jadi dua favorit di kedai yang tiap bulannya memasok 1,2 juta porsi sambal tersebut.

Seminar Kuliner Citarasa Pedas dari FTP UGM, Selasa (8/5/2018).Kompas.com/Silvita Agmasari Seminar Kuliner Citarasa Pedas dari FTP UGM, Selasa (8/5/2018).
Di urutan ketiga baru ada sambal tomat dan sambal terasi masak (terasi goreng).

Setelah itu menyusul ragam sambal modifikasi. Mulai dari sambal tempe, sambal mangga, sambal belut, hingga sambal teri.

"Di kita ada 34 jenis sambal, tapi yang dikeluarkan di menu hanya 25, sisanya untuk switch mana yang kurang favorit akan diganti di menu," tuturya.

Daerah pengonsumsi sambal terbanyak dari data restonya ialah daerah Pantai Utara (Pantura). Mulai dari Cirebon sampai Semarang. Tak kalah banyak juga dari daerah Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com