Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curug Gombong, Kesegaran Air Terjun di Kabupaten Batang

Kompas.com - 11/05/2018, 17:01 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BATANG, KOMPAS.com – Kesegaran air terjun bisa jadi oase, di tengah panasnya Jalur Pantura siang hari. Jangan khawatir, Kabupaten Batang punya curug yang indah nan menyegarkan.

Ialah Curug Gombong, air terjun atau curug ini berada di Desa Gombong, Kecamatan Pacalungan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Jaraknya 20 menit dari Jalur Pantura, via Subah.

Curug Gombong memiliki dua air terjun besar, yaitu Curug Lanang (laki-laki) dan Curug Wadon (perempuan).

Baca juga : Punya Banyak Wisata Indah, Kenapa Batang Kalah Terkenal dari Tetangganya?

Curug Lanang berlokasi diatas Curug Wadon. Wisatawan bisa mengunjungi keduanya, tetapi akses ke Curug Wadon lebih rapi dengan tangga dan pegangan besi.

“Curug Gombong ini ikon wisata Pecalungan. Dari dana desa yang ada, kita prioritaskan dulu untuk membangun akses ke Curug Wadon,” kata Doyo Santoso, Ketua Pokdarwis Desa Gombong, kepada KompasTravel, Kamis (3/5/2018).

Baca juga : 5 Pantai di Batang yang Harus Anda Kunjungi

Untuk menuju Curug Wadon, wisatawan bisa menuruni sekitar 30 anak tangga. Setelah sekitar tiga menit turun, akan terlihat keindahannya terpancar setinggi 18 meter.

“Disebut Curug Wadon memang ada batuan yang mirip wanita,” kata Doyo.

Curug Wadon dalam kompleks Air Terjun/Curug Gombong, di Desa Gombong, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (3/5/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Curug Wadon dalam kompleks Air Terjun/Curug Gombong, di Desa Gombong, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (3/5/2018).
Di Curug Wadon Anda bisa berendam di dekat bebatuan, tetapi dilarang berenang di bawah air terjun, karena kedalamannya ditaksir lebih dari lima meter.

Berbeda dengan Curug Wadon, Curug Lanang yang tingginya hanya lima meter, lebih ramah untuk berenang. Anda juga bisa berdiri di bawah guyuran air terjunnya.

Namun, untuk jalan ke Curug Lanang, kondisinya belum diaspal, masih tanah dan bebatuan.

Fasilitas yang ada di Curug Gomong sebagai nama lokasi dari Curug Lanang dan Curug Wadon, cukup komplet. Mulai parkiran, toilet, mushala, dan kios jajanan.

“Ke depan kita akan membenahi akses ke Curug Lanang, dan sedang membuat sentra kuliner di sini,” pungkas Doyo.

Untuk berkunjung ke sini, wisatawan tidak dipungut tiket masuk. Hanya perlu membayar biaya parkir untuk motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com