Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hai Turis, Kangguru Itu Hewan Liar Bukan Hewan Peliharaan!

Kompas.com - 11/05/2018, 21:00 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kangguru merupakan binatang khas Australia yang mengundang perhatian wisatawan saat berkunjung ke negara ini.

Namun sebuah tempat wisata populer di Australia berusaha mengajarkan kepada turis bahwa kangguru adalah hewan liar, bukan hewan peliharaan untuk dielus-elus layaknya kucing.

Peringatan ini muncul setelah terjadinya beberapa kecelakaan berkaitan dengan kangguru di Rumah Sakit Morrisset di selatan Danau Macquarie di New South Wales, Australia. Di sana, ada kawanan kangguru bisa dijumpai.

Tempat ini populer dikunjungi wisatawan, sehingga pemerintah setempat mengeluarkan peringatan bahayanya terlalu dekat dengan kangguru. Sudah ada beberapa kecelakaan yaitu wisatawan terluka akibat kangguru.

Kangguru tertarik pada makanan yang diberikan wisatawan. Kangguru pun bisa menjadi aggresif saat berusaha mengambil makanan yang mereka suka. Saat itu terjadi, ada bahaya kemungkinan terluka pada orang yang memberikan makanan.

Perusahaan bus yang mengantar wisatawan dari stasiun kereta untuk melihat kangguru di Rumah Sakit Morisset (yang sebenarnya adalah fasilitas kesehatan psikiatri) telah bekerja sama dengan pihak berwajib setempat untuk mengedukasi wisatawan agar tidak memberi makan pada kangguru.

Kroosn Shuttle Service misalnya, menaruh gambar dari korban terluka karena kangguru pada halaman Facebook mereka dan menaruh pesan untuk tidak memberi makan pada kangguru.

Sebenarnya, tidak hanya para kangguru yang menimbulkan masalah itu. Petugas cagar alam, Ann Morgan, menuturkan pada media Herald di Australia bahwa ia melihat orang-orang menyiksa dan menggangu kanggur, termasuk berlari dengan pisang agar dikejar kangguru hingga berbaring di atas kangguru dewasa untuk foto selfie.

"Mereka berhak hal-hal yang lebih baik daripada itu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com