Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Membawa Pulang Botol Sabun Hotel akan Hilang...

Kompas.com - 11/05/2018, 22:00 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak tamu hotel yang mengoleksi botol perlengkapan mandi dalam ukuran mini yang disediakan di kamar mandi hotel. Namun, kesenangan kecil ini sebentar lagi bisa hilang.

Beberapa jaringan hotel telah mengumumkan bahwa mereka akan menggantikan botol ukuran kecil dengan botol-botol berukuran besar atau dispenser yang ditempel di dinding untuk sabun.
 
Hal ini berlaku di kamar-kamar tertentu di Amerika Serikat. Kebijakan tersebut dilakukan dengan alasan penghematan dan memperhatikan dampak lingkungan.

Menurut media The Wall Street Journal, InterContinental Hotel Group dan Marriott Hotels adalah jaringan hotel yang tidak akan menggunakan botol kecil tersebut.

Mereka akan menggantikannya dengan botol bejar atau dispenser di dinding dalam beberapa bulan ke depan. Marriott akan memperkenalkan botol-botol berukuran besar yang ditaruh di rak yang menempel pada dinding.

Kebijakan ini diterapkan pada 450 hotel dari lima merek di bawah grup Mariott. Rencananya kebijakan ini akan diterapkan pada 1.500 hotel dalam grup Mariott yang tersebar di Amerika Serikat pada Januari 2019.

Sementara itu, InterContinental akan memasang dispenser yang menempel di dinding pada empat merek miliknya pada tahun ini. Merek kelima, Kimpton, sudah menggunakan botol-botol besar.

Ada pro dan kontra mengenai hal ini. Para pendukung menuturkan kebijakan ini akan mengurangi sampah plastik yang dihasilkan dari botol-botol plastik berukuran kecil.

Hal ini tentu baik untuk pelestarian lingkungan. Dari sisi hotel, hal ini juga lebih ekonomis karena pihak hotel mengeluarkan biaya lebih sedikit jika membeli perlengkapan mandi dalam jumlah besar (isi ulang).

Pihak yang kontra menyebutkan bahwa botol-botol kecil ini tampak anggun saat diletakkan pada rak kamar mandi dan hal ini menambah pengalaman lebih bagi tamu.

Beberapa tamu sudah mengeluhkan dengan memasak rak menempel di dinding akan membuat kesan mewah menginap di hotel jadi murahan.

Tak dapat dipungkiri pula, salah satu kegemaran tamu hotel adalah membawa pulang botol-botol kecil perlengkapan mandi ini.

Tentu akan menarik jika jaringan hotel lainnya mengikuti kebijakan ini dan bisa tersebar di luar Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com