Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! Aceh Freediving Championship 2018 Akan Digelar di Sabang

Kompas.com - 12/05/2018, 17:40 WIB
I Made Asdhiana

Editor

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar kejuaraan internasional selam bertajuk "Aceh Freediving Championship 2018" yang dipusatkan di Pulau Weh, Kota Sabang, 2-9 November 2018.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani di Banda Aceh, Sabtu (12/5/2018), mengatakan kejuaraan selam internasional tersebut digelar untuk menarik minat wisatawan khusus penyelam luar negeri berkunjung ke Indonesia, khususnya Pulau Weh, Sabang.

"Kegiatan serupa pernah digelar pada 2017. Kesuksesan penyelenggaraan tahun lalu menjadi modal Freediving Championship 2018," kata Rahmadhani.

Baca juga: Jadi Destinasi Kapal Pesiar, Sabang Siap Saingi Langkawi dan Phuket

Kejuaraan selam 2018 ini, menurut Rahmadhani, dipusatkan di Teluk Balohan. Peserta kejuaraan ini diharapkan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Kejuaraan selam tahun sebelumnya diikuti 40 peserta dari 20 negara.

Rahmadhani menyebutkan penyelenggaraan Aceh International Freediving Championship 2018 diharapkan mampu menarik lebih banyak peserta dari berbagai negara.

"Terlebih lagi sejumlah hadiah juga akan lebih besar dibanding tahun lalu. Kementerian Pariwisata mengalokasikan dana Rp 90 juta dan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang atau BPKS Rp 150 juta untuk penyelenggaraan kejuaraan ini," ungkap Rahmadhani.

Wisatawan menikmati keindahan alam Teluk Balohan, Kota Sabang, Aceh, Selasa (9/6). Masyarakat meminta pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur pariwisata di Sabang agar menjadi titik awal gerbang pariwisata nasional yang hakiki dan meningkatkan partisipasi mereka untuk bersama-sama membangun pariwisata di sana.KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH Wisatawan menikmati keindahan alam Teluk Balohan, Kota Sabang, Aceh, Selasa (9/6). Masyarakat meminta pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur pariwisata di Sabang agar menjadi titik awal gerbang pariwisata nasional yang hakiki dan meningkatkan partisipasi mereka untuk bersama-sama membangun pariwisata di sana.
Sabang dikenal oleh wisatawan mancanegara sebagai destinasi wisata bahari dunia dan destinasi bagi kapal layan serta kapal pesiar. Dengan demikian, Sabang mampu menjadi tuan rumah menyelenggarakan kejuaraan selam berskala internasional tersebut.

"Kejuaraan ini sekaligus menjadi ajang memperkenalkan Sabang kepada para penyelam dunia bahwa di pulau itu memiliki ragam pesona keindahan dan keunikan alam bawah laut," kata Rahmadhani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com