Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 30 Ribu, Dapat Takjil Apa Saja di Pasar Benhil?

Kompas.com - 18/05/2018, 14:21 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan Ramadhan, saatnya berburu takjil untuk berbuka puasa. Salah satu tempat yang ramai oleh penjual takjil di Jakarta ialah pasar Bendungan Hilir (Benhil).

Tepat di sisi bangunan pasar Benhil, berdiri tenda-tenda yang berisikan puluhan pedagang takjil.

Hidangan takjil yang ditawarkan beragam, mulai gorengan, es buah, lemang, hingga pempek.

Tak hanya takjil, ada juga hidangan utama seperti rendang, semur, bebek bakar, ikan asap dan yang lainnya.

Soal harga sangat bervariasi. Bahkan tiap penjual gorengan bisa berbeda-beda mematok harga.

KompasTravel mencoba berbelanja takjil. Dengan modal Rp 25.000, ternyata bisa mendapatkan banyak takjil plus minumannya.

Es cendol durian yang ramai diburu wisatawan di Pasar Bendungan Hilir (Benhil) yang dipenuhi jajanan takjil menjelang berbuka puasa, Kamis (17/5/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Es cendol durian yang ramai diburu wisatawan di Pasar Bendungan Hilir (Benhil) yang dipenuhi jajanan takjil menjelang berbuka puasa, Kamis (17/5/2018).

Untuk minuman rata-rata dijual dengan harga Rp 10.000-Rp 15.000. Saya memilih es cendol durian dengan harga Rp 10.000. Sudah termasuk daging durian dengan campuran cendol hijau, ketan, gula, dan santan.

Sisa Rp 15.000, saya memilih untuk membeli makanan. Gorengan seperti sosis solo dan risol mayonais cukup menggugah selera saya.

Alhasil saya membeli masing-masing satu dengan harga Rp 4.000 untuk risol isi mayonais, dan Rp 3.000 untuk sosis solo isi ayam.

Selanjutnya, saya memilih lapis agar seharga Rp 3.000. Sisanya saya belikan untuk takjil dengan harga termurah di sini, yaitu klepon Rp 2.000, kue talam ubi Rp 2.000, dadar gulung Rp 2.000, bolu kukus Rp 2.000, dan gorengan martabak juga pastel yang masing-masing seharga Rp 2.000.

Surabi durian yang ramai diburu wisatawan di Pasar Bendungan Hilir (Benhil) yang dipenuhi jajanan takjil menjelang berbuka puasa, Kamis (17/5/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Surabi durian yang ramai diburu wisatawan di Pasar Bendungan Hilir (Benhil) yang dipenuhi jajanan takjil menjelang berbuka puasa, Kamis (17/5/2018).

Dengan uang Rp 25.000, KompasTravel sudah bisa mendapatkan satu minuman durian dan delapan macam kue jajanan pasar.

Cukup ekonomis bukan? Bagi Anda yang ingin berburu takjil di sini, bisa datang sejak pukul 12.00 WIB.

Para pedagang di sini sudah bersiap sejak pukul 10.00 dan menjualnya sejak pukul 12.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com