Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasa Kue Pernikahan Harry dan Meghan Adalah Elderflower, Apakah Itu?

Kompas.com - 19/05/2018, 13:10 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kue pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle dibuat oleh koki Clare Ptak dari Violet Cakes Bakery, London. Pernikahan itu sendiri akan berlangsung Sabtu (19/5/2018) di kapel St George’s Chapel, Istana Windsor, London, Inggris.

Kue ini sendiri dipandang sebagai kue pernikahan yang mendobrak tradisi kue pernikahan anggota kerajaan Inggris yang biasanya memakai fruitcake. Pilihan Pangeran Harry dan Meghan Markle adalah kue sponge dengan rasa lemon dan elderflower, untuk mencerminkan rasa cerah musim semi.

Kue ini akan dilapisi buttercream dan dihiasi bunga segar, kedua hal yang merupakan ciri khas dari kue kreasi Ptak. Namun apakah itu elderflower? Bagi orang Indonesia, bunga ini mungkin tak lazim.

Menurut chef Petty Elliott, elderflower adalah bunga khas Inggris yang bentuknya kecil-kecil dan berwarna putih.

Baca juga: Claire Ptak, Koki di Balik Kue Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan

Bunga ini, lanjut Petty, dipanen pada awal bulan Mei sampai awal Juli. Biasanya elderflower diolah menjadi cordial (minuman dengan rasa buah asam, kerap kali beralkohol), sirup, dan minuman lainnya.

"Rasanya (cordial elderflower) mengingatkan pada leci dan rasanya asam segar. Cocok memang dibuat jadi kue. Di Indonesia tidak ada, tapi untuk mencapai rasanya bisa campur leci dalam sirup dan jeruk nipis," kata Petty Elliott kepada KompasTravel, Jumat (18/5/2018).

Saat dihubungi, Petty tengah berada di Inggris. Ia adalah seorang koki asal Indonesia serta penulis kuliner dan buku masakan. Ia memulai karir kuliner di Inggris pada tahun 2000. Sampai saat ini, ia masih bolak-balik Inggris dan Indonesia.

Baca juga: Pernikahan Harry dan Meghan Diprediksi Tarik 4 Juta Turis

Petty menuturkan elderflower biasanya untuk minuman. Oleh karena itu, Petty memandang penggunaan elderflower untuk kue pernikahan Harry-Meghan merupakan inovasi yang bagus.

"Dan pastinya ini akan jadi tren musim semi dan musim panas mendatang untuk di Inggris setelah royal wedding ini. Pastinya penjualan elderflower akan melonjak," jelas Petty.

Biasanya, sirup elderflower yang dicampur air menjadi dasar olahan minuman. Elderflower juga banyak digunakan untuk cocktail dan mocktail.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com