Karaksa Media Partner adalah media online penyedia berita terkini seputar Jepang dari sumber terpercaya, “Japan Walker”. Kami akan menyampaikan berita seputar Jepang terkini dari semua genre, seperti kuliner, produk & tren terbaru, festival musiman, tempat hangout, hidden spot, dan masih banyak lainnya.

Menyibak Rahasia di Kawasan Terlarang Pabrik Mazda Hofu

Kompas.com - 24/05/2018, 21:42 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F.

Editor

KOMPAS.com - Pabrik Mazda Hofu merupakan salah satu pabrik utama dari perusahaan mobil Mazda Motor Corporation yang memproduksi mobil Mazda CX-5 sejak Oktober 2017. Pabrik ini terletak di Kota Hofu, Prefektur Yamaguchi, Jepang.

Dengan melakukan reservasi terlebih dahulu, Anda bisa melakukan tur di beberapa kawasan pabrik 1 di daerah Nishiura ini. Baru-baru ini, mereka membuat sebuah program tur bagi media massa untuk mengunjungi beberapa kawasan yang biasanya tidak bisa dimasuki, seperti wilayah pengepresan di pabrik 1 dan kawasan pabrik 2 di daerah Nishiura. Berikut kami perkenalkan kawasan-kawasan yang jarang bisa dikunjungi tersebut.

Pabrik Mazda Hofu dibagi menjadi dua bagian, yakni bagian yang memproduksi mobil penumpang di daerah Nishiura dan bagian yang memproduksi mesin transmisi di daerah Nakanoseki. Pabrik di Nishiura kemudian dibagi lagi menjadi pabrik 1 dan pabrik 2.

Pabrik di Nakanoseki inilah yang mengembangkan SKYACTIV TECHNOLOGY yang dimiliki oleh Mazda. Setiap tahunnya pabrik Nakanoseki memproduksi kurang lebih 1.140.000 unit mesin SKYACTIV.

Ada tujuh tipe dan 195 jenis mesin transmisi manual dan otomatis yang diproduksi. Mesin tersebut dipasang ke sekitar 80 persen dari mobil yang diproduksi oleh Mazda.

Kawasan Terlarang 1: Wilayah Pengepresan

Kawasan terlarang yang pertama adalah wilayah pengepresan. Di sini lembaran plat baja dicetak menjadi panel bodi tertentu. Bodi mobil dengan tipe desain Kodo yang menjadi kebanggaan Mazda juga dibuat di wilayah ini. Namun, yang menjadi perhatian utama di sini adalah teknologi yang dikembangkan oleh Mazda, yaitu teknologi memproduksi beberapa komponen dalam sekali waktu.

Dengan memasang transfer press berukuran besar, hal ini memungkinkan untuk membuat satu cetakan side frame yang terintegrasi. Selain itu, proses pengepresan beberapa komponen bisa dilakukan dalam sekali waktu, sehingga pekerjaan menjadi sangat efisien.

Selain itu, proses yang dilakukan secara bersamaan ini meningkatkan hasil produksi dan produk akhir pun memiliki garis presisi yang tinggi. Semua proses produksi dilakukan secara otomatis oleh mesin dan plat besi pun dicetak secara terus menerus seperti hasil dari suatu mahakarya.

Bodi yang awalnya berwarna putih dicat secara bertahap hingga berwarna soul red crystal metallic. Dari situ dapat dilihat teknologi yang mengejutkan
KARAKSA MEDIA Bodi yang awalnya berwarna putih dicat secara bertahap hingga berwarna soul red crystal metallic. Dari situ dapat dilihat teknologi yang mengejutkan
Kawasan terlarang 2: Wilayah Pengecetan

Kawasan terlarang kedua adalah wilayah pengecetan. Jika Anda berbicara mengenai Mazda yang terlintas di kepala pasti bodi yang kokoh dengan warna soul red crystal metallic yang menonjolkan kekokohan bodi mobil. Di wilayah ini, Anda bisa melihat proses pengecetan dalam jumlah yang banyak dengan hasil akhir warna bodi yang sama. Warna yang dihasilkan melalui proses pengecatan secara manual sebanyak 13 kali oleh ahlinya.

Untuk mendapatkan warna metallic yang mengilap, mereka menata arah partikel alumunium, serta mengembangkan tingkat kepekatan yang dapat dikontrol. Warna soul red crystal metallic didapatkan dengan cara mengecat dasar bodi dengan warna perak yang mendekati warna metal dan menambahkan warna merah yang sedikit berbeda di atasnya.

Soul red crystal metallic (kiri) dan soul red premium metallic (kanan). Perbedaan dari kedalaman warna keduanya dapat dilihat dengan jelas

KARAKSA MEDIA Soul red crystal metallic (kiri) dan soul red premium metallic (kanan). Perbedaan dari kedalaman warna keduanya dapat dilihat dengan jelas
Pada proses pengecatan tidak diterapkan proses pembakaran. Mazda menggunakan teknologi khusus yakni “3WetOn paint”. Dengan menggunakan teknologi tersebut waktu pengecatan menjadi lebih singkat.

Hal yang mengejutkan dari bagian pengecatan adalah pengecatan untuk bodi semua model yang diproduksi pabrik Mazda Hofu dapat dilakukan dalam satu baris. Hal ini sangat menguntungkan karena dapat meningkatkan efisiensi kerja dan mengurangi biaya produksi.

Pengecekan terakhir mobil yang telah selesai produksi. Mobil yang gagal produksi sangatlah sedikit, hal ini membuktikan bahwa Mazda memiliki teknologi yang canggih.KARAKSA MEDIA Pengecekan terakhir mobil yang telah selesai produksi. Mobil yang gagal produksi sangatlah sedikit, hal ini membuktikan bahwa Mazda memiliki teknologi yang canggih.
Dua wilayah yang dijelaskan di atas memang sedikit sulit untuk dikunjungi. Walau begitu, wisatawan bisa melakukan tur di Pabrik Satu Nishiura. Tur dilakukan pada hari Senin sampai Jumat dan ada dua sesi tur setiap harinya. Tur pagi dimulai pukul 9.30 dan tur siang dimulai pukul 13.30, masing-masing sesi berdurasi 90 menit.

Setiap tahun kira-kira ada 10.000 orang yang berkunjung ke pabrik. Hingga saat ini terhitung kira-kira ada 552.000 orang yang telah berkunjung. Tur dapat dilakukan oleh minimal satu orang, Anda hanya perlu mendaftar melalui telepon 6 bulan hingga 2 minggu sebelum tur.

Tur pabrik juga dimanfaatkan oleh sekolah dasar setempat sebagai tujuan study tour
KARAKSA MEDIA Tur pabrik juga dimanfaatkan oleh sekolah dasar setempat sebagai tujuan study tour
Mungkin Anda sudah sering naik mobil, tetapi melihat proses pembuatan mobil merupakan kesempatan yang langka. Untuk Anda yang berminat, bagaimana jika merencanakan tur khusus untuk orang dewasa di Pabrik Mazda Hofu ini?

Informasi Tempat :
Pabrik Mazda Hofu
Alamat : Nishiura 888-1, Hofu, Prefektur Yamaguchi
Jam operasional : 9.30-11.00, 13.30-15.00
Biaya masuk : gratis (harus reservasi)
*Tur hanya dilakukan dalam Bahasa Indonesia

Provided by Japan Walker™, Tokyo Walker™ (2 April 2018)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com