Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Keindahan Bunga Celoslia di Pesisir Pantai Gunungkidul

Kompas.com - 25/05/2018, 15:21 WIB
Markus Yuwono,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan yang berkunjung ke kawasan pantai di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, akan menemukan hamparan kebun bunga yang cukup indah.

Lokasinya di sebelah timur Pantai Kukup, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Banyak pengunjung yang memanfaatkan bunga untuk berswafoto.

Cukup mudah menemukan hamparan ribuan bunga Celoslia yang tertanam rapi dan berwarna-warni.

Pengunjung yang sudah berkunjung ke Pantai Baron, dan Kukup, yang akan menuju ke pantai sebelah timur, sebelah kanan jalan sudah terlihat hamparan bunga.

Baca juga: Siap-siap Berkunjung! Ada Stone Garden di Gunungkidul

Dalam beberapa pekan terakhir, tumbuhan bunga ini sudah menjadi viral di media sosial.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berada di tengah kebun bunga, tak perlu khawatir karena pemiliknya sudah menyediakan jalan kecil, sehingga tidak merusak tanaman.

Dengan harga tiket cukup murah sebesar Rp 5.000 bisa berfoto dan menikmati keindahan bunga celosia, sebelum melanjutkan kembali perjalanan.

Baca juga: Perumahan Karyawan Perkebunan di Garut Ini Jadi Tempat Swafoto Favorit

Pemilik kebun Eko Hardiyanto warga Padukuhan Ngasem, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, menyampaikan awalnya dirinya membuat kebun bunga matahari, namun bunganya kurang berkembang dengan baik.

Lalu Eko  mencari informasi tentang bunga yang bisa ditanam daerah minim air. Setelah berbekal pencarian di internet akhirnya pilihan pada bunga Celoslia.

"Kurang lebih ada 6.000-an batang bunga Celoslia," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/5/2018).

Wisatawan berfoto di keindahan bunga celoslia di pesisir Pantai Gunungkidul, DI Yogyakarta, Jumat (25/5/2018).KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Wisatawan berfoto di keindahan bunga celoslia di pesisir Pantai Gunungkidul, DI Yogyakarta, Jumat (25/5/2018).
Eko mengatakan, untuk bunganya akan bertahan selama 2 bulan ke depan. Sehingga saat musim libur lebaran bisa dipastikan wisatawan bisa menikmati bunga yang didominasi warna merah dan kuning.

"Insya Allah masih bisa bertahan 2 bulan lagi," katanya.

Salah seorang wisatawan asal Yogyakarta, Pranowo mengatakan, kedatangannya ke kebun bunga tidak direncanakan.

Saat hendak dalam perjalanan menuju pantai, dari kejauhan ia melihat hamparan bunga berwarna-warni yang langsung menarik perhatiannya.

Tanpa berpikir panjang, ia kemudian mengikuti arah dari taman bunga tersebut dan kemudian berhenti. "Sebenarnya saya mau ke pantai, tapi saya lihat ada bunga indah sekali dan mampir dulu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com