Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar: Jokowi-Modi "Endorser" Kuat Tingkatkan Kunjungan Wisman

Kompas.com - 31/05/2018, 06:41 WIB
I Made Asdhiana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi dianggap sebagai "endorser" kuat yang akan memberikan dampak pendorong minat wisatawan India berkunjung ke Indonesia.

"Dua kepala negara ini menjadi 'endorser' yang dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan kedua negara," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Rabu (30/5/2018), setelah mendampingi Presiden Jokowi seusai menyaksikan Indonesia-India Kite Exhibition di Monas.

Sebelumnya, kedua pemimpin negara itu bermain layang-layang dan menyaksikan pameran layang-layang bertajuk Indonesia-India Kite Exhibition yang digelar di lapangan Silang Monas Jakarta, Rabu siang.

Baca juga: Presiden Jokowi Main Layangan di Monas Bersama PM India

Acara ini merupakan rangkaian penyambutan kunjungan PM Narendra Modi ke Indonesia dalam rangka meningkatkan persahabatan sekaligus memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India.

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi (kiri) mengamati aneka layang-layang pada Pameran Layang-Layang Indonesia-India di kawasan Monas, Jakarta, Rabu (30/5/2018). Pada kunjungan resmi pertama PM India ke Indonesia Presiden Joko Widodo mengajak untuk bermain dan menghadiri pameran layang-layang yang merupakan permainan tradisional populer di Indonesia dan India.  ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi (kiri) mengamati aneka layang-layang pada Pameran Layang-Layang Indonesia-India di kawasan Monas, Jakarta, Rabu (30/5/2018). Pada kunjungan resmi pertama PM India ke Indonesia Presiden Joko Widodo mengajak untuk bermain dan menghadiri pameran layang-layang yang merupakan permainan tradisional populer di Indonesia dan India.
"Tahun ini kita menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari India sebanyak 700.000 atau meningkat 30 persen dari jumlah kunjungan wisman India ke Indonesia tahun 2017 sebanyak 485.000 wisman," kata Arief Yahya.

Baca juga: Tipe Wisatawan India yang Diincar Kementerian Pariwisata

Menpar mengatakan masih banyak tantangan untuk meningkatkan kunjungan wisman India, utamanya aksesibilitas atau konektivitas penerbangan langsung dari kota-kota di India yang menjadi sumber wisman ke destinasi di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (kanan) menyerahkan maskot Asian Games kepada Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi (kiri) pada Pameran Layang-Layang Indonesia-India di kawasan Monas, Jakarta, Rabu (30/5/2018). Pada kunjungan resmi pertama PM India ke Indonesia Presiden Joko Widodo mengajak untuk bermain dan menghadiri pameran layang-layang yang merupakan permainan tradisional populer di Indonesia dan India.  ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO Presiden Joko Widodo (kanan) menyerahkan maskot Asian Games kepada Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi (kiri) pada Pameran Layang-Layang Indonesia-India di kawasan Monas, Jakarta, Rabu (30/5/2018). Pada kunjungan resmi pertama PM India ke Indonesia Presiden Joko Widodo mengajak untuk bermain dan menghadiri pameran layang-layang yang merupakan permainan tradisional populer di Indonesia dan India.
"Saat ini baru ada direct flight Garuda Indonesia dari Mumbai ke Denpasar. Awal Mei saya ke India, mereka minta 'direct flight' ke New Delhi," katanya.

Untuk meningkatkan kunjungan wisman India, Menpar memiliki keinginan mendatangkan artis India.

"Ada tawaran ke kita untuk menyelenggarakan India Internasional Film Festival, namun membutuhkan sponsor besar dari para pebisnis. Artis merupakan 'endorser' kuat. Kita ingin mendatangkan artis India ke Bali," kata Menpar.

Arief Yahya menjelaskan masih banyak kendala yang dihadapi dalam mendatangkan wisman India khusus untuk destinasi di luar Bali, karena masing-masing destinasi tersebut harus ikonik. Misalnya, destinasi Yogyakarta memiliki Candi Prambanan sebagai ikonnya.

Selain itu makanan atau kuliner harus menyesuaikan kebutuhan wisman India yang sebagian besar vegetarian atau vegan.

"Wisman India 20 persen adalah vegetarian, itu pun banyak kelasnya. Bagusnya, Garuda Indonesia sudah menyiapkan makanan khusus tersebut," kata Arief.

Usai bermain layang-layang, Presiden Jokowi bersama PM India Narendra Modi menyempatkan melihat pameran layang-layang yang menampilkan berbagai gambar berkarakter.

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi (kanan) bermain layang-layang saat menghadiri Pameran Layang-Layang Indonesia-India di kawasan Monas, Jakarta, Rabu (30/5/2018). Pada kunjungan resmi pertama PM India ke Indonesia Presiden Joko Widodo mengajak untuk bermain dan menghadiri pameran layang-layang yang merupakan permainan tradisional populer di Indonesia dan India.  ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi (kanan) bermain layang-layang saat menghadiri Pameran Layang-Layang Indonesia-India di kawasan Monas, Jakarta, Rabu (30/5/2018). Pada kunjungan resmi pertama PM India ke Indonesia Presiden Joko Widodo mengajak untuk bermain dan menghadiri pameran layang-layang yang merupakan permainan tradisional populer di Indonesia dan India.
Ada layang-layang bergambar Mahabharata sebagai karakter khas India dan layangan bergambar wayang menjadi khas Indonesia.

Layang-layang menjadi salah satu permainan yang populer di India karena hampir setiap daerah di India mempunyai layang-layang yang khas.

Setelah usai meninjau Kite Exhibition, Kedua kepala negara melakukan foto bersama di pelataran Monas, dilanjutkan dengan mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com