Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 1 Juni Citilink Buka Rute Yogyakarta-Makassar

Kompas.com - 31/05/2018, 13:02 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Citilink Indonesia mulai 1 Juni 2018 membuka rute penerbangan baru Yogyakarta-Makassar.

Citilink Indonesia menggunakan pesawat Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang, untuk melayani rute tersebut.

Rute Makassar-Yogyakarta dengan nomor penerbangan QG 778 dijadwalkan berangkat dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 15.05 WITA dan tiba di Bandar Udara Adisutjipto, Yogyakarta pada 16.10 WIB.

Sedangkan penerbangan Yogyakarta-Makassar dengan nomor penerbangan QG 779 dijadwalkan berangkat dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta pada pukul 16.40 WIB dan tiba di Bandara Sultan Hasanudin pada pukul 19.40 WITA.

Baca juga: Musim Mudik Lebaran, Citilink Buka Penerbangan dari Bandara Kertajati

Vice President Corporate Legal and CSR Citilink Indonesia, Ranty Astari Rachman dalam siaran tertulisnya yang diterima KompasTravel, Kamis (31/5/2018) mengatakan rute terbaru ini sebagai penghubung wilayah timur Indonesia dengan hub Makassar, ke wilayah barat Indonesia.

Pramugari maskapai Citilink Indonesia berseragam hijab menyapa dalam penerbangan perdana seragam baru Citilink Indonesia rute Jakarta-Surabaya, Senin (14/5/2018). Citilink Indonesia memperkenalkan seragam baru awak kabin salah satunya seragam pramugari berhijab guna menyabut bulan Ramadan dan seragam baru tersebut resmi dikenakan mulai Senin (14/5/2018) pada seluruh penerbangan Citilink.  ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Pramugari maskapai Citilink Indonesia berseragam hijab menyapa dalam penerbangan perdana seragam baru Citilink Indonesia rute Jakarta-Surabaya, Senin (14/5/2018). Citilink Indonesia memperkenalkan seragam baru awak kabin salah satunya seragam pramugari berhijab guna menyabut bulan Ramadan dan seragam baru tersebut resmi dikenakan mulai Senin (14/5/2018) pada seluruh penerbangan Citilink.
Makassar merupakan penghubung utama Citilink Indonesia untuk melayani connecting flight ke wilayah timur Indonesia, seperti Kendari, Ambon, Jayapura dan Manado.

"Rute Yogyakarta-Makassar ini merupakan rute connecting kedua Citilink Indonesia setelah sebelumnya juga telah membuka rute Semarang-Surabaya, dengan target market share sebesar 21,4 persen," ujar Ranty.

Baca juga: Bulan Ramadhan, Citilink Luncurkan Menu Baru dan Takjil Gratis

Pembukaan rute Yogyakarta-Makassar ini juga dimaksudkan guna memberikan pilihan melakukan perjalanan udara dari wilayah Barat Indonesia hingga wilayah Timur Indonesia.

Ia optimis, dengan rute ini, bisa mendapatkan tingkat isian di atas 83 persen, mengingat minat penumpang yang terus berkembang dengan perkiraan sekitar 441.320 penumpang pada akhir tahun 2018.

Wisatawan asing menyusuri lorong bawah tanah di kompleks Istana Air Taman Sari, Yogyakarta, Jumat (5/8/2016).KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Wisatawan asing menyusuri lorong bawah tanah di kompleks Istana Air Taman Sari, Yogyakarta, Jumat (5/8/2016).
Salah satu alasan pihaknya memilih Makassar sebagai penghubung utama wilayah timur Indonesia, karena kota ini memiliki daya tarik wisata alam dan historikal yang indah serta semakin banyak dikunjungi pelancong Nusantara maupun mancanegara.

Sedangkan Yogyakarta, merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan nusantara dan mancanegara.

Data dari Dinas Pariwisata DIY menyebutkan, sekitar 4,7 juta wisatawan nusantara dan 397.000 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta pada tahun 2017. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com