Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lewat Pantura, Ini 6 Obyek Wisata yang Harus Dikunjungi

Kompas.com - 04/06/2018, 18:32 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda salah satu pemudik yang lewat Jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa?

Untuk menghilangkan penat berjam-jam di kendaraan, Anda bisa mampir ke berbagai obyek wisata. Mulai dari Bekasi, Cirebon, Batang, Solo, Ngawi, Lamongan, hingga Surabaya.

Berikut KompasTravel rangkum beberapa obyek wisata ramah keluarga yang bisa Anda singgahi di sepanjang Jalur Pantura.

1. Relaksasi dengan ikan dewa di Kuningan

Kabupaten Kuningan cocok untuk Anda beristirahat sejenak. Banyaknya bentang alam yang menyejukkan bisa merelaksasi otot-otot yang tegang saat perjalanan.

Salah satu yang ikonik ialah kolam ikan dewa di Cibulan. Anda bisa berenang bersama ikan endemik Kuningan ini sembari rekreasi dengan ragam permainan keluarga. Mulai dari outbond sampai refleksi.

Wisatawan bisa berenang bersama ikan jinak ini di kedalaman mulai dari 1,5 meter, dua meter, dan 2,8 meter. Selain itu ada dua kolam lainnya yang tidak berisi ikan.

Di dasar kolam ikan tersebut tersebar banyak mata air, sehingga air yang digunakan amat segar dan bersih. Tentu suhu air cukup dingin menyegarkan, karena Cibulan tak jauh dari kaki Gunung Ciremai.

Untuk berkunjung ke Cibulan cukup mudah karena aksesnya tidak jauh dari jalan utama. Hanya 90 menit dari Cirebon dan 45 menit dari Kuningan Kota, tepatnya di Jalan Raya Maniskidul, Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

Dengan tiket masuk Rp 20.000 di akhir pekan, Anda bisa menikmati kesegaran airnya mulai buka pukul 08.00-17.00 WIB.

Batang Dolphin Centre dibawah Taman Safari Indonesia menyajikan beberapa keindahan binatang untuk sarana edukasi wisatawan.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Batang Dolphin Centre dibawah Taman Safari Indonesia menyajikan beberapa keindahan binatang untuk sarana edukasi wisatawan.
2. Menyaksikan matahari terbit bersama lumba-lumba di Batang

Batang yang dekat dengan Semarang memiliki wisata unik. Anda bisa mengunjungi penangkaran lumba-lumba di Batang Dolphin Centre.

Batang Dolphin Centre (BDC) berada di Klidang Lor, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Penangkaran lumba-lumba ini berada dibawah Taman Safari Indonesia, sehingga Anda bisa berkunjung sembari melihat aneka satwa lainnya.

BDC berada persis di bibir Pantai Sigandu, sehingga sangat tepat untuk menikmati terbenamnya matahari seusai atraksi lumba-lumba di sini.

Tiket masuk yang harus Anda bayar Rp 30.000 untuk menikmati keindahan beragam satwa di sini. Sudah termasuk atraksi lumba-lumba, pada pukul 11.00, 13.00, dan 16.00 WIB. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com