Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kabupaten Cantik untuk Mudik "Road Trip" via Jalur Selatan

Kompas.com - 05/06/2018, 05:11 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cuti yang lebih panjang sebelum Lebaran tahun ini menjadikan persiapan mudik lebih santai.

Dengan waktu jelang Lebaran yang lebih lenggang, tidak ada salahnya mudik lewat jalur selatan Pulau Jawa.

Di jalur selatan Pulau Jawa, berderet pantai cantik yang cocok untuk tempat perhentian road trip. Berburu kuliner lokal untuk sajian buka puasa juga dapat memberi pengalaman berbeda.

Berikut adalah kabupaten yang menarik untuk disinggahi jika mudik melewati jalur selatan Pulau Jawa:

1. Garut

Terkenal dengan pemandian air panas, iklim yang sejuk, dan kuliner khas Sunda yang menggugah selera. Jika berkunjung ke Garut cobalah mampir ke daerah Cipanas. Berendam air panas membuat tubuh rileks setelah mengemudi dalam waktu lama.

Kuliner Garut yang terkenal antara lain nasi liwet, nasi tutug oncom, soto ayam garut, es goyobod, awug, dan tentunya dodol serta cokelat garut untuk bekal camilan mudik.

Perahu tambat di obyek wisata Green Canyon, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2013). Obyek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapan menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu.KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Perahu tambat di obyek wisata Green Canyon, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2013). Obyek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapan menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu.

2. Pangandaran

Bagi yang suka wisata bahari, mampir ke Pangandaran jadi pilihan yang tepat. Di sini ada Pantai Batu Karas yang terkenal sebagai surganya para peselancar.

Selain mencoba belajar selancar bisa bermain aneka olahraga air yang disewakan, berburu matahari terbit, dan menjajal body rafting di Green Canyon.

Pangandaran terkenal dengan kuliner hidangan laut yang lezat dengan harga bersahabat. Malam hari banyak kafe di tepi Pantai Batu Karas yang cocok untuk bersantai.

Salah satu sudut pemandangan di Pantai Menganti yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (20/3/2018). KOMPAS.com/Eris Eka Jaya Salah satu sudut pemandangan di Pantai Menganti yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (20/3/2018).

3. Kebumen

Masuk ke Jawa Tengah tak ada salahnya mampir ke Kebumen. Kebumen punya banyak pantai cantik mulai dari Pantai Logending, Pantai Bopong, Pantai Watu Bale, Pantai Menganti, Pantai Lampon, dan masih banyak lagi. P

antai-pantai di Kebumen belum begitu banyak dieksplor, sehingga masih cenderung sepi.

Untuk kuliner jangan lewatkan menyantap sate ambal, yutuk goreng, nasi penggel, dan lanting yang cocok untuk dibawa sebagai camilan di kendaraan.

Di Curug Benowo, selain bisa menikmati suasana segarnya udara di tengah desa yang masih alami, wisatawan juga bisa berfoto dengan properti alam seperti bunga-bunga aneka warna, jembatan bambu, tulisan-tulisan unik, juga diatas hammock.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Di Curug Benowo, selain bisa menikmati suasana segarnya udara di tengah desa yang masih alami, wisatawan juga bisa berfoto dengan properti alam seperti bunga-bunga aneka warna, jembatan bambu, tulisan-tulisan unik, juga diatas hammock.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com