Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

38 Destinasi Buatan Warga Kulon Progo Siap Menyambut Pemudik

Kompas.com - 05/06/2018, 17:24 WIB
Dani Julius Zebua,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com - Kabupaten Kulon Progo di Yogyakarta siap menyambut gelombang wisatawan pada masa libur panjang antara 11-20 Juni 2018. Banyak pilihan obyek wisata di kabupaten ini.

Salah satu obyek yang punya daya tarik besar, menurut Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Niken Probo Laras, adalah destinasi swakelola masyarakat di daerah-daerah ekstrem di Perbukitan Menoreh.

Antara lain destinasi panorama dari ketinggian Kalibiru dan Pulepayung di Kecamatan Kokap.

"Mungkin sekarang (obyek wisata) yang paling diminati adalah Kalibiru, Pulepayung, juga ada mangrove," kata Niken, Selasa (5/6/2018).

Baca juga: Tak Hanya Tempat Wisata, Kalibiru Jadi Lapangan Kerja untuk Penduduk Sekitar

Destinasi swakelola masyarakat lain yang tidak kalah menarik adalah wisata air terjun di Ekowisata Sungai Mudal dan Kedung Pedut di Kecamatan Girimulyo.

"Belakangan bahkan banyak wisatawan asing ke sini," kata Niken.

Destinasi swakelola masyarakat semacam itu terbangun di lereng-lereng Perbukitan Menoreh. Perjalanan menuju ke sana terasa ekstrem karena menanjak, sempit, padat di hari libur, tapi memang penuh tantangan.

Namun pilihan dan daya tarik besar pada wisata Kulon Progo tidak hanya di kawasan sulit. Banyak tempat piknik yang tetap asyik dikunjungi tanpa tantangan.

Antara lain Pantai Glagah yang menyajikan panorama khas pantai selatan. Destinasi yang dikelola pemerintah ini diyakini magnet tujuan wisatawan nanti.

"Dari pengalaman sebelumnya, paling banyak pengunjung ke sini. Mungkin karena orang suka yang datar, dekat dan tidak naik, tidak jauh," kata Niken.

Dua cara menikmati Pantai Glagah di Kulon Progo, yakni dari jalur pemecah ombak atau bermain di pasir pantai yang hitam berkilat.KOMPAS.com/DANI J Dua cara menikmati Pantai Glagah di Kulon Progo, yakni dari jalur pemecah ombak atau bermain di pasir pantai yang hitam berkilat.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Kulon Progo, Sari Wulandari, mengungkapkan kabupaten ini selalu panen wisatawan di masa libur lebaran dan hari besar. Pantai Glagah menjadi tujuan bagi mereka yang menghindari wisata ektrem di ketinggian.

Biasanya, pada musim Lebaran seperti ini, pengunjung Pantai Glagah bisa meningkat lebih dari 25 persen dari hari biasa.

Pemerintah meyakini akan ada 70.000 pengunjung Pantai Glagah sepanjang Juni 2018.

"Ini karena kebetulan ada libur Lebaran. Kalau bulan biasa tidak sampai setinggi ini," kata Sari.

Baca juga: Ini yang Dicari Wisatawan, Gemuruh Ombak Pantai Glagah!

Glagah di Kecamatan Temon terus berbenah di tengah tantangan keberadaan pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Daya tariknya bertambah, tidak hanya panorama laut tetapi juga kebun bunga yang sedang berkembang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com