Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Pai Apel dari McDonald's yang Sudah Berusia 50 Tahun

Kompas.com - 06/06/2018, 21:18 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber eater

JAKARTA, KOMPAS,com - Pai apel (Apple Pie) McDonald's sempat membuat gempar Indonesia di era 1990-an. Sempat diturunkan dari menu, kemudian pada 2016 pai apel hadir kembali di McDonald's Indonesia.

Pie apel McDonald's ternyata memiliki sejarah yang unik. Hidangan ini sebenarnya sudah dijual sejak 50 tahun lalu.

"Di Amerika Serikat restoran McDonald's itu bisa dimiliki perorangan. Salah satu yang punya gerai McDonald's ini menjual pai apel, resep dari ibunya. Dia ingat setiap pulang sekolah selalu makan pai apel buatan ibunya," jelas Associate Director of Communications McDonald's Indonesia, Sutji Lantyka saat acara peluncuran ayam kremes sambal matah di McDonald's Sarinah, Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Baca juga: Sebenarnya Hanya Ada Tiga Menu di 36.000 McDonalds Dunia

Pemilik salah satu gerai waralaba restoran McDonald's tersebut adalah Litton Cochran yang membuka gerainya di Knoxville, Tennessee, pada 1960.

Kesuksesan penjualan pie apel di McDonald's Knoxville lantas terdengan sampai McDonald's pusat.

Isian Pie apel dan pisang dari McDonalds Indonesia, lebih creamy dan ada rasa manis dari pisang serta asam dari apel. Kompas.com/Silvita Agmasari Isian Pie apel dan pisang dari McDonalds Indonesia, lebih creamy dan ada rasa manis dari pisang serta asam dari apel.

"Akhirnya resep pai apel tersebut dibeli McDonald's pusat, dengan syarat ibu Cochran tidak boleh membuat dan menjual pai apel itu kembali," jelas Sutji.

Pai apel tercatat sebagai hidangan pencuci mulut pertama dari McDonald's yang muncul pada tahun 1968. Saat itu juga burger legendaris Big Mac dijual kepada konsumen.

Pada 1992, pai apel sempat tidak dijual lagi di pasaran. Sebab selera konsumen McDonald's dan tren makanan yang berubah.

Di Indonesia sendiri pai apel McDonald's diturunkan dari menu pada 1997.

Setelah hilang hampir 25 tahun pai apel kembali lagi pada 2016 di gerai McDonald's Amerika Serikat. Ada beberapa perubahan yang dilakukan terhadap resep pai apel orisinal.

Kini pai tersebut dijual di seluruh dunia. Tidak hanya dengan isian apel, tetapi juga kreasi lain.

Baru-baru ini McDonald's Indonesia meluncurkan campuran apel dan pisang untuk isian pai. Ada juga isi taro atau ubi ungu di China, isi sayuran untuk para vegetarian di India, serta isian jagung manis di Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber eater
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com