Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wings Air Buka Rute Ambon-Fakfak

Kompas.com - 07/06/2018, 03:15 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

LAHA, KOMPAS.com - Wings Air, maskapai dari Lion Air Group membuka rute dari Ambon ke Fak-Fak mulai 4 Juni 2018.

Rute terbaru Wings Air ini menggunakan pesawat terbaru turbo propeller tipe ATR 72-500 atau ATR 72-600 yang berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi. Penerbangan tersebut dilayani secara regular berjadwal setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

Pesawat dijadwalkan berangkat dari Bandar Udara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku (AMQ) bernomor IW1502 pukul 07.40 WIT dan tiba di Bandar Udara Torea, Fak-Fak, Papua Barat (FKQ) pada 08.50 WIT.

Di hari yang sama, rute sebaliknya dengan nomor IW1503 akan diberangkatkan dari Torea pukul 09.10 WIT dan mendarat di Pattimura pada 10.20 WIT.

“Kehadiran rute terbaru Ambon menuju Fak-Fak pergi pulang (PP) ini berdasarkan tingginya permintaan traveler yang mengharapkan tersedianya penerbangan langsung dalam akses sektor pariwisata. Di sisi lain, potensi perekonomian di kedua daerah juga semakin mengeliat, semoga dengan layanan baru ini oleh Wings Air dapat membantu peningkatan investasi dan perdagangan,” ungkap Operations Director of Wings Air, Capt. Redi Irawan, seperti termuat dalam siaran pers.

Ia menambahkan bahwa operasional Wings Air terbaru ini akan memberikan nilai tambah lebih kepada pengguna jasa. Kemudahan yang diberikan yaitu mempersingkat waktu karena jarak tempuh hanya sekitar 110 menit, tanpa harus singgah terlebih dahulu serta tarif tiket yang lebih terjangkau.

"Untuk tahap awal, layanan tersedia tiga hari dalam sepekan. Apabila pasar terus tumbuh di kedua destinasi tersebut, maka tidak menutup kemungkinan Wings Air akan meningkatkan frekuensi terbang yang disesuaikan market,” katanya.

Kota AmbonThinkstock Kota Ambon

Melalui penghubung (hub) di Ambon, masyarakat dari Fak-Fak dapat melanjutkan penerbangan ke Jakarta—Halim Perdanakusuma, Cengkareng—Soekarno-Hatta, Surabaya, Makassar, Manado, Kendari, Dobo, Langgur, Namlea dan Saumlaki.

Bagi masyarakat Ambon dan sekitar, rencana menjelajahi lebih luas lagi ke Papua akan terealisasi. Setibanya atau usai melakukan aktivitas di Fak-Fak bisa meneruskan perjalanan menuju berbagai kota, antara lain Kaimana, Manokwari dan Sorong.

Papua Barat menawarkan pesona mutiara dari timur yaitu Fak-Fak. Fak-Fak merupakan kabupaten tertua di Tanah Papua yang menyimpan budaya dan sejarah, salah satunya banyak peninggalan zaman penjajahan, hal ini terlihat berupa cap tangan yang terletak pada dinding batu di Distrik Kokas.

Selain itu, wilayah yang dikenal sebagai “Kota Pala” ini menyuguhkan panorama yang terhampar luas, yaitu keindahan alam, wisata bahari dengan keelokan bawah laut dan keindahan hutan hujan tropis.
 
Sementara itu, kota Ambon memiliki kekayaan potensi bahari luar biasa, khas nuansa Eropa, alam yang membentang dan kental dengan musik.  Saatnya menjelajahi kedua destinasi wisata tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com