Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar Minta Daerah Aktif Berikan Informasi Wisata kepada Pemudik

Kompas.com - 08/06/2018, 04:10 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya meminta Dinas Pariwisata Daerah aktif memberikan informasi wisata saat libur mudik Lebaran 2018. Perkiraan membeludaknya wisatawan pada Lebaran tahun ini harus dimanfaatkan oleh dstinasi wisata daerah.

"Saya instruksikan tiap Dinas Pariwisata (Dinpar) agar proaktif memberikan info-info seputar wisata, kuliner, dan event selama libur Lebaran ini, minimal lima news sehari," kata Menpar dalam acara "Forwapar Ngabuburit Bareng Menpar" di Ayana Mid Plaza Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Menurutnya arus wisatawan mudik dan acara-acara wisata Lebaran sudah merupakan keniscayaan tiap tahun, tanpa dikoordinir pun sudah berjalan. Lebaran tahun ini diperkirakan wisatawannya naik pesat karena waktu libur yang panjang.

Baca juga: Mudik Lewat Jalur Selatan, Cicipi 4 Kuliner Purbalingga Ini

Kendati pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sempat turun jadi 10 juta saat Ramadhan, ia memperkirakan begitu libur Lebaran wisatawan yang mudik mencapai 20 juta, sehingga periode Ramadhan-Lebaran bisa terjadi pegerakan 30 juta wisnus.

Candi induk di komplek Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Rabu (28/6/2017)KOMPAS.com/Teuku Muh Guci S Candi induk di komplek Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Rabu (28/6/2017)
Namun, hal yang belum dimaksimalkan, menurut Menpar, ialah informasi pada wisatawan yang berlibur tersebut, tentang obyek-obyek wisata yang layak di daerah, kuliner yang enak, dan event-event seru apa yang berlangsung di daerah.

Baca juga: Mudik Keliling Jawa, Kenali Beberapa Es Dawet Ini!

Oleh karenanya selain kesiapan infrastruktur yang sudah lama ditekankan, kini Dinpar juga diminta proaktif dalam memberikan informasi wisata kepada para pemudik.

"Baik berupa katalog yang dibagikan, informasi di medsos dengan #pesonamudik2018, pokonga guide (petunjuk) untuk pemudik berwisata supaya bisa menaikan pergerakan wisatawan," ungkap Arief Yahya.

Kegiatan mudik ini masih terpusat di Pulau Jawa dan sekitarnya, sehingga Dinpar yang diinstruksikan pun meliputi Jawa Bali, dan beberapa kota representatif di Sumatera dan Kalimantan.

Ia optimis angka pergerakan wisatawan akan naik pesat tahun ini. Secara langsung, tiap-tiap daerah juga akan naik pendapatannya dari libur Lebaran ini.

Pertunjukan Sigale-gale telah mengakar ratusan tahun di Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, Sumatera Utara.ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pertunjukan Sigale-gale telah mengakar ratusan tahun di Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, Sumatera Utara.
Dalam program yang sama (Pesona Mudik 2018) Kemenpar juga akan melakukan kampanye memberikan info-info destinasi wisata, destinasi kuliner, dan event wisata yang masuk ke dalam top 10 di 113 daerah pemudik.

Informasi tersebut akan dikemas menarik seperti dalam video, infografis, ataupun tulisan melalui berbagai media digital, termasuk media sosial dalam #pesonamudik2018.

Pemerintah (Kemenpar) tahun 2018 menargetkan pergerakan wisnus di Tanah Air sebanyak 270 juta wisnus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com