Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Rusia sampai Mesir, Ini 8 Hidangan Khas Lebaran dari Negara Lain

Kompas.com - 14/06/2018, 19:09 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perayaan Idul Fitri di Indonesia identik dengan hidangan ketupat, beserta lauk dan sayur pendampingnya. Selain itu juga ada kue kering yang menambah manis tali silaturahmi.

Di negara lain yang merayakan Idul Fitri, hidangan yang disajikan tentu berbeda dengan di Indonesia. Namun fungsinya tetap satu, sebagai lambang perayaan dan mempererat hubungan antar keluarga dan sanak saudara.

Berikut hidangan khas Idul Fitri dari beberapa negara lain:

1. Malaysia

Masih satu rumpun dengan Indonesia, hidangan Idul Fitri di Malaysia tidak jauh beda seperti di Tanah Air. Contohnya ketupat, lemang yang bisa dengan mudah ditemui di Sumatera Barat, nasi impit yang disantap dengan serundeng, dan juga rendang.

Untuk kue ada nastar, bahulu atau kue kering berbentul bulat kecil berbahan telur, dan dodol.

2. Rusia

Merayakan Idul Fitri, muslim di Rusia menyantap manti. Mirip seperti pangsit yang diisi daging domba atau sapi. kemudian dimasak dengan cara dikukus. Setiap daerah punya resep manti yang berbeda.

Roti bentuk crepe khas Somalia, bernama Cambaabur menjadi hidangan khas saat lebaran.www.waryapost.com Roti bentuk crepe khas Somalia, bernama Cambaabur menjadi hidangan khas saat lebaran.

3. Somalia

Usai solat Ied, keluarga muslim di Somalia menyiapkan roti khusus bernama Cambaabur. Tekstur cambaabur mirip seperti crepe dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, dan cabai.

Somalia pernah dijajah Perancis, tak heran ada pengaruh Perancis pada makanannya.

4. Mesir

Sesuai tradisi, kue yang selalu disajikan ketika lebaran di Mesir adalah Kahk. Orang Mesir biasa memakannya sebagai sarapan.

Kahk merupakan kue manis berisi kacang-kacangan seperti walnut, agameya (sejenis madu) yang dilapisi gula halus di luarnya. Selain kacang, isi Kahk juga bisa diganti dengan kurma.

Kuliner khas Turki, Baklava di Warung Turki, Jakarta, Senin (21/5/2018). Kue dengan rasa manis itu adalah makanan yang biasa ditemukan di Turki.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Kuliner khas Turki, Baklava di Warung Turki, Jakarta, Senin (21/5/2018). Kue dengan rasa manis itu adalah makanan yang biasa ditemukan di Turki.

5. Turki

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com