Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Hanya untuk Foto, Ini 10 Kegiatan Menarik di Monas

Kompas.com - 16/06/2018, 08:14 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tugu Momumen Nasional (Monas) menjadi lambang Kota Jakarta. Banyak masyarakat dari dan luar Jakarta yang biasanya hadir ke Monas untuk berwisata.

Tidak hanya bisa foto dengan latar belakang Monas, sebenarnya banyak kegiatan yang dapat dilakukan di monumen yang dibangun pada 1961 ini. Berikut 10 kegiatan untuk wisata di Monas:

1. Melihat Air Mancur Menari

Salah satu pertunjukan yang sayang dilewatkan ketika berkunjung ke Monas. Air mancur menari diiringi lagu khas Indonesia hanya ada pada Sabtu dan Minggu malam. Dibagi menjadi dua sesi, yakni pukul 19.30 dan 20.30. Gratis alias tidak dipungut biaya untuk melihat pertunjukan air mancur menari.

Baca juga: Presiden Jokowi Main Layangan di Monas Bersama PM India

Pada hari libur seperti libur Lebaran, pengelola Monas biasanya akan menghadirkan pertunjukkan air mancur menari setiap hari. Tidak hanya di akhir pekan.

2. Naik Kereta Wisata

Dengan luas 80 hektar, mengelilingi Monas dengan berjalan kaki memang cukup melelahkan. Untuk itu pihak pengelola Monas telah menyiapkan kereta wisata yang dapat membawa pengunjung berkeliling.

Baca juga: Lebaran Hari Pertama, Monas Ramai Pengunjung

Untuk naik kereta wisata, pengunjung perlu antre di halte kereta yang disediakan.

Sugito, pemberi makan rusa di Monas.KOMPAS.com/Ai Chintia Ratnawati Sugito, pemberi makan rusa di Monas.
3. Melihat Rusa

Monas memiliki taman rusa yang berisi puluhan rusa tutul. Letaknya berada di Taman Meda Merdeka, masih dalam kawasan Monas. Pengunjung dapat melihat rusa yang menggemaskan dan biasanya ada penjual makanan rusa agar pengunjung dapat memberi makan rusa.

4. Berkunjung ke Museum Monas

Di bagian bawah cawan Monas, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Di sana pengunjung dapat melihat 48 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia dalam berbagai masa.

5. Berkunjung ke Ruang Kemerdekaan

Pada Cawan Monas terdapat Ruang Kemerdekaan. Dahulu di sini pengunjung dapat melihat Sang Saka Merah Putih, bendera asli yang dikibarkan pada 17 Agustus 1945.

Namun karena sudah terlalu tua, bendera tersebut kini tidak dipamerkan. Di ruangan ini, pengunjung dapat mendengarkan suara Presiden pertama RI, Sukarno membacakan teks proklamasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com