Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Lontong Tuyuhan Rembang, Apalagi Dimakan Pedas

Kompas.com - 18/06/2018, 15:32 WIB
Slamet Priyatin,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Jangan merasa pernah ke Rembang Jawa Tengah, kalau belum mencicipi Lontong Tuyuhan. Sebab makanan ini, adalah makanan khas Rembang.

Bila, Anda ingin merasakannya, datanglah ke Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur. Di tempat tersebut, banyak yang berjualan lontong tuyuhan. Kalau merasa kejauhan, datang saja ke Alun-alun Kendal, bila malam hari.

Baca juga: Kisah Warung Lontong Kupang Bu Ning Pasuruan, Berdiri Sejak 1969

Di sini, juga ada beberapa penjual lontong tuyuhan. Salah satunya adalah, Mustofa (70). Lokasi berjualannya bapak beranak tiga ini, yang tinggal di Desa Tuyuhan tersebut berada di depan Masjid Agung Rembang.

"Sudah puluhan tahun saya jualan lontong tuyuhan. Dulu, dengan menggunakan pikulan, saya berkeliling dari kampung ke kampung,” kata Mustofa, Minggu (17/6/2018) malam.

Menurutnya, karena fisiknya sudah tidak kuat, sejak tahun 2000-an, dirinya mangkal di alun-alun Rembang.

“Tidak capek. Tapi di sini ramainya pas hari libur. Kalau hari biasa agak sepi,” ujarnya.

Baca juga: Lontong Cap Go Meh yang Terinspirasi dari Hidangan Ketupat

Lontong tuyuhan, menurut Mustofa, hampir sama dengan lontong opor. Namun racikan bumbunya berbeda. Perbedaan lainnya, kalau lontong opor, lontongnya panjang, sedang lontong tuyuhannya biasanya lontongnya berbentuk segi tiga.

Mustofa, penjual Lontong Tuyuhan di alun-alun Rembang, Jawa Tengah, Minggu (17/6/2018).KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Mustofa, penjual Lontong Tuyuhan di alun-alun Rembang, Jawa Tengah, Minggu (17/6/2018).
“Kalau Lontong Opor, bumbunya biasanya merica, tumbar, jinten, bawang putih, bawang merah, kemiri, kencur, dan lainnya. Untuk lontong tuyuhan, ditambahi cabe merah dan beberapa bumbu lain,” katanya.

Ia mengaku, mempunyai resep khusus supaya lontong tuyuhannya bisa segar dan nikmat. Resep itu, tidak boleh bocor, karena rahasia perusahaan.

“Racikan bumbu itu warisan dari orang tua saya, yang juga seorang penjual lontong tuyuhan,” katanya.

Baca juga: Dumbek, Makanan Tradisional Rembang yang Dibungkus Daun Lontar

Asal-usul lontong tuyuhan, menurut cerita Mustofa, tidak lepas dari sosok Sunan Bonang yang bernama asli Raden Makdum Ibrahim. Konon, pada saat itu, lanjutnya, beliau sedang menyebarkan agama Islam di daerah Rembang.

Dalam proses penyebaran agama Islam tersebut, Sunan Bonang bertemu dengan Blancak Ngilo yang selalu memusuhi beliau. Sunan Bonang, sudah mencoba menggunakan cara halus supaya Blancak Ngopi tidak memusuhinya.

Baca juga: Lontong Sayur Racikan Ibu Carkinah Membuat Ketagihan

Rupanya usaha Sunan Bonang, tidak mempan. Akhirnya Sunan Bonang menggunakan cara keras. Dimanapun Blancak Ngilo berada Sunan Bonang selalu memburunya.

Suatu ketika, Sunan Bonang memergoki Blancak Ngilo sedang makan opor ayam dengan lontong di tengah sawah. Blancak Ngilo pun lari terbirit-birit ketakutan, hingga tanpa disadari ia kencing di celana.

Lontong Tuyuhan khas Rembang, Jateng.KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Lontong Tuyuhan khas Rembang, Jateng.
Hingga kemudian, Sunan Bonang mengatakan bahwa kelak bila zaman sudah ramai, daerah tersebut akan bernama Tuyuhan, yang berasal dari bahasa Jawa yaitu "uyuhan" atau tempat Blancak Ngilo lari ketakutan hingga terkencing-kencing.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com