Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Lawu Kebakaran, Seluruh Pendakian Ditutup

Kompas.com - 20/06/2018, 14:21 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Lawu yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur mengalami kebakaran, Selasa (19/6/2018).

Imbas dari kebakaran tersebut seluruh jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho, Cemoro Kandang, dan Cemoro Sewu ditutup.

Pendaki berfoto di area Puncak Hargo Dumilah Gunung Lawu, Jawa Timur, Jumat (29/12/2017). Sejumlah pendaki memanfaatkan momen libur akhir tahun untuk mendaki Gunung Lawu.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pendaki berfoto di area Puncak Hargo Dumilah Gunung Lawu, Jawa Timur, Jumat (29/12/2017). Sejumlah pendaki memanfaatkan momen libur akhir tahun untuk mendaki Gunung Lawu.

"Kebakaran terjadi di jalur pendakian Candi Cetho kurang lebih di bawah puncak Hargo Tiling. Status semua jalur (pendakian) ditutup sementara," kata Humas Paguyuban Giri Lawu, Arik Purnomo, saat dihubungi KompasTravel, Rabu (20/6/2018).

Menurut Arik, anggota Paguyuban Giri Lawu telah membantu para pendaki yang menuju puncak Gunung Lawu untuk turun sejak Selasa (19/6/2018).

"Kebetulan teman-teman Paguyuban Giri Lawu sedang ada di Sendang Panguripan," jelas Arik.

Baca juga: 1.000 Pendaki Diprediksi Habiskan Malam Tahun Baru di Gunung Lawu

Saat ini Paguyuban Giri Lawu sedang melakukan koordinasi penanganan api di base camp Reco. Sampai saat ini belum diketahui penyebab kebakaran di Gunung Lawu.

Pada 2015 lalu, Gunung Lawu juga pernah terbakar. Kebakaran tersebut terjadi lantaran api unggun dari pendaki gunung yang ditinggal dan belum dipandamkan. Akibat kejadian tersebut tujuh orang pendaki tewas karena luka bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com