Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Athena dan Honolulu, Scoot Kini Terbang ke Berlin

Kompas.com - 21/06/2018, 11:52 WIB
I Made Asdhiana

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com - Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah milik Singapore Airlines (SIA) Group semakin agresif menambah jalur-jalur baru untuk memudahkan konsumen bepergian secara cepat dan mudah.

Selasa (19/6/2018), Scoot meluncurkan destinasi jarak jauh ketiga yakni Berlin di Jerman. Dua destinasi jarak jauh sebelumnya adalah Athena di Yunani dan Honolulu, Amerika Serikat yang diluncurkan tahun lalu.

Gate F50 Bandara Changi, Selasa malam begitu ramai dengan penumpang yang akan terbang ke Berlin. Acara pun digelar meriah. Para penumpang diberikan kesempatan berfoto dan menyampaikan kesan-kesannya atas penerbangan ini pada sebuah papan kuning.

Baca juga: Ini Promo Tiket Scoot dari Pekanbaru ke Luar Negeri Mulai Rp 159.000

Vinod Kannan, Chief Commercial Officer Scoot turut serta dalam penerbangan tersebut. Vinod mengajak para penumpang untuk menikmati penerbangan perdana Scoot ke Berlin.

Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah milik SIA Group terbang perdana ke Berlin, Jerman, Selasa (19/6/2018). Dua destinasi jarak jauh sebelumnya adalah Athena di Yunani dan Honolulu, Amerika Serikat yang diluncurkan tahun lalu. Vinod Kannan, Chief Commercial Officer Scoot (ketiga dari kanan) ikut serta dalam penerbangan tersebut.KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah milik SIA Group terbang perdana ke Berlin, Jerman, Selasa (19/6/2018). Dua destinasi jarak jauh sebelumnya adalah Athena di Yunani dan Honolulu, Amerika Serikat yang diluncurkan tahun lalu. Vinod Kannan, Chief Commercial Officer Scoot (ketiga dari kanan) ikut serta dalam penerbangan tersebut.
Ia berharap penerbangan perdana ini akan menjadi pilihan bagi penumpang terutama wisatawan untuk terbang bersama Scoot ke Berlin dengan tarif yang terjangkau.

Penerbangan perdana Scoot ke Berlin menggunakan pesawat Boeing 787 Dreamliner yang dinamai Bo Jio membawa 311 penumpang dengan tingkat keterisian 95 persen. Penumpang berasal dari Singapura, Indonesia, Australia dan negara-negara lain. Sebagian merupakan wisatawan muda berusia 18-35 tahun.

Penerbangan nonstop selama 12 jam lebih itu secara keseluruhan berjalan lancar. Apalagi pesawat Boeing 787 Dreamliner memang dirancang untuk penerbangan jarak jauh.

Boeing 787 Dreamliner menyediakan berbagai fasilitas dan layanan untuk perjalanan jarak jauh, seperti Wi-Fi, soket listrik, dan aplikasi hiburan ScooTV dalam perangkat milik penumpang.

Scoot tiba di Bandara Tegel Berlin, Jerman, Rabu (20/6/2018).  Scoot meluncurkan destinasi jarak jauh ketiga yakni Berlin. Dua destinasi jarak jauh sebelumnya adalah Athena di Yunani dan Honolulu, Amerika Serikat yang diluncurkan tahun lalu.ARSIP SCOOT Scoot tiba di Bandara Tegel Berlin, Jerman, Rabu (20/6/2018). Scoot meluncurkan destinasi jarak jauh ketiga yakni Berlin. Dua destinasi jarak jauh sebelumnya adalah Athena di Yunani dan Honolulu, Amerika Serikat yang diluncurkan tahun lalu.
Penumpang juga dapat memilih kursi kelas bisnis ScootBiz dari bahan kulit dengan kemiringan 38 derajat, bagasi 30 kg, makanan dan minuman, atau menikmati ketenangan di kelas ekonomi ScootinSilence dengan kemiringan kursi antara 31 derajat sampai 35 derajat.

Selama penerbangan pihak Scoot juga menggelar berbagai kuis dan doorprize yang sangat antusias diikuti para penumpang. Tanpa terasa terbang selama 12 jam lebih itu tak terasa.

Rabu (20/6/2018), pukul 07.20 waktu Berlin Scoot mendarat di Bandara Tegel Berlin. Kedatangan pesawat disambut tembakan meriam air oleh pihak bandara setempat.

Lee Lik Hsin, CEO Scoot dalam siaran persnya mengatakan, penambahan rute Berlin dilakukan setelah Scoot sukses meluncurkan rute Athena dan Honolulu, destinasi jarak jauh Scoot terus tumbuh.

Scoot meluncurkan destinasi jarak jauh ketiga yakni Berlin, Jerman, Selasa (19/6/2018). Dua destinasi jarak jauh sebelumnya adalah Athena di Yunani dan Honolulu, Amerika Serikat yang diluncurkan tahun lalu.KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Scoot meluncurkan destinasi jarak jauh ketiga yakni Berlin, Jerman, Selasa (19/6/2018). Dua destinasi jarak jauh sebelumnya adalah Athena di Yunani dan Honolulu, Amerika Serikat yang diluncurkan tahun lalu.
"Penuh energi, kreatif dan kaya sejarah. Kami percaya Berlin akan menjadi destinasi yang menarik bagi semua kalangan, serta memberi pilihan menarik kepada wisatawan," katanya.
 
Jaringan Scoot saat ini mencakup 65 destinasi di 18 negara, dengan Nanchang akan bergabung bulan depan. Armada Scoot terdiri dari 17 Boeing 787 Dreamliner dan 24 Airbus A320, dengan tiga tambahan Boeing 787 Dreamliner dan 39 Airbus A320neo dalam proses pemesanan, sehingga armada akan bertambah menjadi 70 pada tahun 2020.

Dengan penambahan rute ke Berlin, jaringan SIA Group di Jerman saat ini menjadi empat, termasuk sebelumnya Düsseldorf, Frankfurt, dan Munich, dengan total 29 penerbangan pulang pergi per minggu.
 
Bagi wisatawan Indonesia, penerbangan Scoot ke Berlin tentu menjadi salah satu pilihan mencari penerbangan murah ke Jerman.

Scoot tiba di Bandara Tegel Berlin, Jerman, Rabu (20/6/2018). Scoot meluncurkan destinasi jarak jauh ketiga yakni Berlin. Dua destinasi jarak jauh sebelumnya adalah Athena di Yunani dan Honolulu, Amerika Serikat yang diluncurkan tahun lalu.KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Scoot tiba di Bandara Tegel Berlin, Jerman, Rabu (20/6/2018). Scoot meluncurkan destinasi jarak jauh ketiga yakni Berlin. Dua destinasi jarak jauh sebelumnya adalah Athena di Yunani dan Honolulu, Amerika Serikat yang diluncurkan tahun lalu.
Pasalnya tarif penerbangan pulang pergi dari Indonesia ke Berlin mulai dari Rp 6.328.568 dari Jakarta, Rp 6.943.568 dari Denpasar, Rp 6.779.568 dari Surabaya, Rp 6.298.568 dari Palembang, dan Rp 6.388.568 dari Pekanbaru untuk kelas ekonomi termasuk pajak.

Jadwal penerbangan Singapura-Berlin dilakukan hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Berangkat pukul 00.25 waktu Singapura dan tiba di Berlin pukul 07.20 waktu setempat.

Sementara penerbangan Berlin-Singapura juga dilakukan pada Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Berangkat pukul 09.40 waktu Berlin dan tiba di Singapura pukul 03.45 waktu setempat. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com