Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Ulang Tahun, Ini 5 Tempat Wisata Pilihan Warga Jakarta

Kompas.com - 22/06/2018, 08:00 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Di usianya yang ke-491, Jakarta mengalami perubahan yang amat pesat, pembangunan dan modernisasi tidak luput dari industri pariwisata.

Beberapa obyek wisata di Jakarta mayoritas dibangun pasca kemerdekaan, sekitar tahun 60-an era persiden pertama, Ir Soeharto.

"Moderisasi Jakarta era 60-70an pas Gubernurnya Ali Sadikin, juga diikuti pembangunan obyek-obyek wisata baru yang lebih modern," kata pemandu tur Jakarta Good Guide, Candha Adwitiyo saat dihubungi KompasTravel, Kamis (21/6/2018).

Beberapa obyek wisata tersebut hingga kini masih eksis dan ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah saat ke Jakarta maupun wisatawan dari Jakarta.

Berikut lima obyek wisata terdahulu di Jakarta yang hingga kini masih eksis menjadi tempat liburan warga Jakarta.

1. Monas

Setelah dibangun pada 17 Agustus 1971, monas jadi ikon Indonesia sekaligus obyek wisata yang wajib dikunjungi saat pertama kali ke Jakarta.

Tugu Monas memiliki tinggi 132 meter dan dibagian ujungnya diberi mahkota berbentuk lidah api yang dilapisi emas, ini menandakan semangat yang berkobar dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Banyak hal menarik yang akan Anda temuin di Tugu Monas, Ahda bisa menyaksikan perjuangan para pahlawan Indonesia dari berbagai relief dengan pahatan yang indah.

Dari luar, Monas terlihat hanya sekedar monumen. Namun, di dalamnya terdapat banyak hal menarik. Tidak hanya di dalam monumennya, Anda juga bisa masuk ke lorong-lorong bawah tanahnya yang tertata rapi.

Tugu Monas buka mulai pukul 08.00-16.00 sore. Setelah istirahat dua jam, Tugu Monas buka kembali dari pukul 18.00 WIB sampai 22.00 malam.

Khusus hari Sabtu, Minggu dan hari libur, wisata malam Tugu Monas buka mulai pukul 18.00 hingga tengah malam yaitu 00.00 WIB.

Warga berkunjung ke Anjungan Sumatera Barat di Kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, bertepatan dengan ulang tahun ke-40 TMII, Senin (20/4/2015). TMII diharapkan menjadi ruang budaya bagi semua daerah di Nusantara.KOMPAS/YUNIADHI AGUNG Warga berkunjung ke Anjungan Sumatera Barat di Kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, bertepatan dengan ulang tahun ke-40 TMII, Senin (20/4/2015). TMII diharapkan menjadi ruang budaya bagi semua daerah di Nusantara.
2. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dibagun sejak tahun 1972 dan diresmikan 1975. TMII masih eksis di usia 43 dengan 80 lebih wahana anjungan daerah dan wahana rekreasi lainnya.

TMII menyajikan keberagaman budaya Indonesia dari berbagai daerah Nusantara. Di areal seluas 150 hektar ini wisatawan dapat menyaksikan bangunan khas hingga tari-tarian adat berbagai daerah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com