Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Monas

Kompas.com - 22/06/2018, 09:00 WIB
Gaby Bunga Saputra,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - HUT DKI ke 491 akan jatuh pada tanggal 22 Juni 2018. Berbagai kegiatan bisa Anda lakukan untuk merayakan ulang tahun Ibu Kota ini. Salah satunya monumen kemerdekaan, Monas.

Kota Jakarta selalu identik dengan Tugu Monumen Nasional (Monas). Lambang Kota Jakarta yang dibangun pada 1961 ini selalu ramai dikunjungi banyak masyarakat dari dan luar kota Jakarta untuk berwisata bersama sanak saudara. 

Tugu dengan tinggi 132 meter ini menyajikan banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan disini. Berikut 10 kegiatan wisata di Monas yang bisa Anda lakukan sembari merayakan HUT DKI Jakarta. 

Warga menonton air mancur menari atau Jakarta Monas Fountain di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2017). Air mancur menari kembali diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat setelah rampung diperbaiki sejak rusak pada 2009 lalu dan air mancur menari Monas akan beraksi dua kali setiap Sabtu dan Minggu malam yakni pukul 19.30 dan 20.30 WIB.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Warga menonton air mancur menari atau Jakarta Monas Fountain di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2017). Air mancur menari kembali diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat setelah rampung diperbaiki sejak rusak pada 2009 lalu dan air mancur menari Monas akan beraksi dua kali setiap Sabtu dan Minggu malam yakni pukul 19.30 dan 20.30 WIB.
1. Melihat air mancur menari 

Pilihan pertamanya adalah menyaksikan air mancur menari diiringi lagu khas Indonesia pada Sabtu dan Minggu malam. Pertunjukan gratis ini diadakan pada pukul 19.30 dan 20.30. Pada hari libur, pengelola Monas biasanya akan menghadirkan pertunjukan air mancur menari ini.

Kereta wisata di Monas untuk pengunjung berkeliling Kompas.com/Silvita Agmasari Kereta wisata di Monas untuk pengunjung berkeliling
2. Naik kereta wisata

Anda tidak perlu bingung bagaimana cara untuk mengelilingi Monas yang memiliki luas wilayah 80 hektar. Pengelola monas telah menyiapkan fasilitas kereta wisata yang bisa Anda temukan di tiap halte kereta yang terlah disediakan.

3. Melihat rusa tutul

Monas yang memiliki lahan rumput yang luas juga memiliki taman rusa berisi puluhan rusa tutul. Terletak di Taman Medan Merdeka, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan memberikan makanan rusa yang telah disediakan oleh penjual disana. 

4. Berkunjung ke Museum Monas

Di bagian dalam Monas ada Museum Sejarah Nasional Indonesia. Museum yang dapatmenampung sekitar 500 pengunjung ini berisikan 48 diorama sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga orde baru.

Ruanh Kemerdekaan di cawan dalam Tugu Monas. KOMPAS.com/JESSI CARINA Ruanh Kemerdekaan di cawan dalam Tugu Monas.
5. Berkunjung ke Ruang Kemerdekaan

Di bagian dalam cawan Monas terdapat Ruang Kemerdekaan. Disini Anda bisa melihat berbagai simbol kemerdekaan negara Indonesia. Di ruangan ini pengunjung dapat mendengankan suara Presiden pertama RI, Sukarno membaca teks proklamasi. 

6. Naik ke pelataran puncak Monas

Berkunjung ke Monas, sempatkan untuk naik ke Pelataran Puncak Monumen Nasional. Anda dapat melihat keseluruhan Kota Jakarta dari ketinggian 115 meter. Untuk menikmati pemandangan Kota Jakarta dari puncak monas dikenakan biaya tambahan, sekitar Rp 10.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com