Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dodol, Si Lengket yang Merekatkan Orang Betawi

Kompas.com - 22/06/2018, 18:19 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir di setiap hajatan atau hari raya, orang Betawi menyajikan dodol. Manis, legit, dan lengket, itulah dodol.

Selain rasa, yang tak kalah nikmat dari dodol adalah proses pembuatannya yang merekatkan tali silaturahmi.

"Kalau zaman dulu dodol ini harus dibuat bergotong royong, harus minta bantuan tetangga," jelas Budayawan Betawi, Yahya Adi Saputra dihubungi KompasTravel, Kamis (21/6/2018).

Membuat dodol sendiri menurut Yahya agak mustahil, sebab ketika membuat dodol dalam jumlah besar prosesnya akan sangat melelahkan.

Mulai dari menumbuk tepung ketan hingga halus, memarut kelapa agar jadi santan, mencairkan gula, dan mengaduk terus-menerus.

"Bayangkan kalau bikin adonan dodol 20 liter, kelapanya itu bisa 20-30 kilogram harus diparut, belum gulanya, belum ngaduk-nya. Butuh kesabaran sekali buatnya," jelas Yahya.

Adonan dodol betawi yang sudak selesai diaduk dan siap dicetak di besek.KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Adonan dodol betawi yang sudak selesai diaduk dan siap dicetak di besek.

Ia mengenang zaman dulu ketika hajatan tiba, para tetangga akan gotong royong membuat dodol. Saat membuat dodol inilah yang menjadi perekat hubungan. Ada pembicaraan, canda, dan tawa ketika membuat dodol.

Inilah yang semakin luntur di zaman saat ini. Gaya hidup serba praktis, menurut Yahya akhirnya menggerus tradisi yang sudah ada.

"Zaman sekarang lebih gampang, ada mesin penggiling tepungnya, ada santan jadi, dodol juga bisa langsung beli," jelas Yahya.

Sama seperti bentuk dodol yang bulat, ada tali silaturahmi yang tidak akan putus dari dodol di zaman lampau. Mulai dari membuat sampai menyantap bersama orang-orang terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com