Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Deretan Pantai di Gunungkidul dari Kapal Nelayan

Kompas.com - 25/06/2018, 21:20 WIB
Markus Yuwono,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara menikmati keindahan pantai di Kawasan Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, adalah dengan menaiki kapal milik nelayan.

Hal ini bisa Anda lakukan di Pantai Ngrenehan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Dengan harga yang cukup murah, pengunjung bisa menikmati kawasan pantai pasir putih dan keindahan perbukitan karst dari pinggir Samudera Hindia.

Pantai Ngrenehan memang tak seterkenal Pantai Baron, Pulangsawal, atau Indrayanti. Namun, kawasan pantai di Kecamatan Saptosari ini tak kalah indahnya.

Pantai berpasir putih ini memiliki kontur yang cenderung landai, cocok untuk bermain air. Tak jauh dari Ngrenehan juga terdapat pantai Ngobaran dengan bangunan pura, sehingga mirip di Pulau Bali. Ada pula Pantai Nguyahan dengan pasir putih yang cukup luas.

Menikmati ketiga pantai, bahkan lima pantai di sekitar lokasi tak hanya melalui daratan. Tetapi juga melalui lautan, dengan menaiki kapal nelayan.

"Tarif seorang untuk keliling pantai dari Ngrenehan, Biting, Dadapayam, Ngobaran, Nguyahan, dan Dluwuk Rp 25.000, dan kalau hanya berkeliling sekitar Pantai Ngrenehan tarifnya Rp 15.000," kata Salah seorang operator kapal, Edi, saat ditemui di Pantai Ngrenehan, Minggu (24/6/2018).

Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.BARRY KUSUMA Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pengunjung naik kapal jukung yang biasa digunakan nelayan untuk mencari ikan. Untuk keamanan setiap pengunjung diwajibkan mengenakan pelampung.

"Sudah sejak lama begini (menyewakan untuk pengunjung) karena tidak setiap hari nelayan melaut. Lumayan untuk tambahan pendapatan," ucap Edi.

Edi mengatakan, banyak wisatawan yang naik kapal ada akhir pekan.

"Sabtu atau minggu paling ramai," ujarnya.

Salah seorang wisatawan asal Solo, Agus, mengaku senang bisa menikmati pantai yang indah dari kapal nelayan.

"Ternyata di sekitar sini banyak pantai yang indah, setahu saya hanya Ngrenehan, Ngobaran, dan Nguyahan,"ujarnya

Wisatawan lainnya, Agustina, mengatakan sebenarnya kawasan pantai di kecamatan Saptosari cukup indah. Namun memang jalan menuju lokasi masih sempit dan banyak tanjakan dan tikungan.

"Wisata di sini murah, hanya tiket masuk Rp 5.000 dan ditambah parkir sudah bisa menikmati beberapa pantai. Tetapi jalannya sempit harus ekstra hati-hati,"katanya

Pemda Bangun Jalan Baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com