BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Get Craft

"Road Trip" Jalur Pantai di Australia, Siapa Takut?

Kompas.com - 26/06/2018, 16:13 WIB
Auzi Amazia Domasti,
Dimas Wahyu

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melakukan road trip ke luar kota sudah biasa, termasuk melihat-lihat pemandangan alam hijau. Kali ini, bagaimana kalau mencoba berkendara beberapa hari dengan mengikuti jalur pantai?

Latar pemandangan biru ketika melewati berbagai pantai dapat Anda nikmati. Bayangkan saja, ternyata ada garis pantai yang panjang totalnya 50.000 kilometer dan jalur-jalurnya bisa ditelusuri sambil melewati berbagai destinasi alam lainnya saat road trip.

Namun, tempatnya bukan di Indonesia, tetapi di negara yang masih dekat dengan Indonesia, yaitu Australia. Pemandangan pantai cukup panjang dan tak putus bisa jadi alternatif bagi Anda yang ingin mewujudkan coastal road trip seperti itu.

Tentunya, Anda perlu menempuh penerbangan dulu ke negara bagian tertentu atau tujuan kota pilihan di Australia, seperti Perth, Melbourne, Brisbane atau Sydney.

Sebelumnya, pastikan dulu jangka waktu Anda saat hendak melakukan road trip sebab pilihan berkendara di Australia bisa terbagi dalam long trip dan short trip. Semuanya tergantung kembali dari kota apa yang akan Anda jadikan titik mulai road trip tersebut dan berapa jumlah harinya.

Anda pun bisa menyewa mobil untuk keperluan road trip. Banyak perusahaan sewa mobil yang menyewakan beragam jenis mobil, mulai dari sedan, MPV, SUV, hingga caravan.

Ingat pula, berkendara dengan mobil di Australia berarti Anda harus memiliki SIM internasional. Ketika berkendara, untungnya letak kemudi mobil ada di sebelah kanan, sama seperti di Indonesia.

Berikut beberapa pilihan rute road trip di Australia.

Indian Road Drive, Western Australia

Pada wilayah Australia Barat, road trip dapat dilakukan selama lima sampai sepuluh hari di jalur Indian Ocean Drive. Laut berwarna biru turkois dengan pasir putih menjadi pemandangan yang menakjubkan di jalur sepanjang 1.250 kilometer ini. Walau begitu, tak hanya laut yang menjadi pemandangan menarik di sini.

Bila berkendara selama dua jam menuju Cervantes dari Perth, Anda bisa mampir dulu ke Gurun Pinnacles. Lokasi tepatnya di Nambung National Park. Uniknya, di gurun itu ada banyak sekali batu granit yang mencuat tegak. Lanskap ini terbentuk dari hasil fenomena alam selama jutaan tahun.

Pemandangan batu granit yang mencuat tegak di Gurun Pinnacles.Dok. Tourism Australia Pemandangan batu granit yang mencuat tegak di Gurun Pinnacles.
Selain itu, Anda juga bisa mampir ke Lesueur National Park yang memiliki 900 jenis spesies bunga liar. Letaknya lebih kurang 30 menit dari Cervantes. Jika berkendara sampai ke puncak Gunung Lesueur, pemandangan panorama garis pantai Jurien Bay dan Green Head pun terlihat.

Setelah dari sana, mampir pula ke Geraldton. Beragam aktivitas permainan air seperti snorkelling, diving, surfing, dan windsurfing bisa dilakukan.

Kunjungi pula Western Australian Museum bila Anda tertarik dengan sejarah dan budaya. Salah satu hal bersejarah yang bisa ditelusuri di sini adalah kisah tragis dari bangkai kapal HMAS Sydney II dan gugurnya 645 kru kapal.

Danau Hutt Lagoon yang berwarna merah muda.Dok. Tourism Australia Danau Hutt Lagoon yang berwarna merah muda.
Usai dari Geraldton, berkendaralah selama satu jam melalui Geroge Grey Drive dan mampir ke danau pink, Hutt Lagoon. Anda disarankan mengunjungi danau ini sebelum matahari terbenam sehingga perubahan warna danau dapat terlihat. Terkadang warnanya bisa pink seperti permen karet atau berubah menjadi warna pink yang kemerahan.

Legendary Pacific Coast, New South Wales

Jalur coastal road trip lainnya ada di Legendary Pacific Coast, yang dimulai dari Sydney. Perjalanan yang menempuh jarak 1.000 kilometer di jalur itu bisa dilakukan lebih kurang sembilan hari.

Anda bisa mengambil rute dari Hunter Valley menuju Byron Bay. Perjalanan pertama dari Sydney ke Hunter Valley memakan waktu dua jam. Sesampainya di Hunter Valley, Anda bisa memuaskan diri dahulu untuk mencicipi kuliner lokal dan wine.

Kemudian, satu jam dari Hunter Valley, berkunjunglah ke Port Stephens. Di sana, ada pemandangan hamparan bukit pasir putih luas yang sudah menanti.

Sempatkan bermain sandboarding di gurun pasir ketika road trip.Dok. Tourism Australia Sempatkan bermain sandboarding di gurun pasir ketika road trip.
Serunya, Anda juga bisa bermain-main menggunakan sandboarding, berkendara dengan mobil mini alias quadbiking atau tak ada salahnya pula hanya bertelanjang kaki dan jalan-jalan.

Destinasi pilihan selanjutnya yakni mengunjungi Koala Hospital di Port Macquarie. Untuk bertemu dengan koala di sana, Anda perlu berkendara dua setengah jam dari Port Stephens. Selain bisa melihat secara dekat hewan khas Australia itu, Anda juga bisa mengamati kegiatan para relawan yang merawat koala.

Tempat-tempat menarik lain yang bisa dieksplorasi sepanjang Legendary Pacific Coast adalah Coffs Harbour, pantai Byron Bay, dan mercusuar Byron Bay.

Great Ocean Road, Victoria

Untuk short trip yang cocok di kala weekend, ada rute perjalanan yang bisa dilakukan selama satu sampai tiga hari. Rute yang populer, misalnya, jalur Great Ocean Road.

Great Ocean Road merupakan jalur sepanjang 664 kilometer yang bisa ditempuh selama sembilan setengah jam.

Kalau mampir di berbagai tempat, pasti waktu perjalanan menjadi lebih lama. Namun tak mengapa, namanya juga jalan-jalan bukan?

Great Ocean Road di Victoria merupakan salah satu jalur road trip yang populer di Australia.Dok. Tourism Australia Great Ocean Road di Victoria merupakan salah satu jalur road trip yang populer di Australia.
Rutenya dimulai dekat Melbourne, tepatnya dari pusat untuk berselancar Torquay, menuju bukit-bukit yang menyajikan panorama berbagai pantai di Apollo Bay, lalu lanjut ke Twelve Apostles dan berakhir di desa memancing Port Fairy.

Nah, saat road trip, Twelve Apostles menjadi tempat rekomendasi yang wajib dikunjungi. Anda akan menemukan pemandangan menakjubkan berupa jejeran batu kapur raksasa. Deretan batu gamping yang seperti karang besar ini sebelumnya terhubung dengan bukit di daratan utama.

Batu-batu tersebut terbentuk karena adanya abrasi di tengah laut yang mampu mengikis satu pulau dan menyisakan patahan-patahan batuan. Walau sebutannya ada dua belas, sebenarnya saat ini hanya terdapat delapan batu gamping.

Tak jauh dari Twelve Apostles, pengunjung juga bisa melihat bangkai kapal bersejarah, Bass Strait.

Rute berkendara singkat lainnya di bagian selatan Australia, Victoria, adalah menelusuri Yarra Valley dan Phillip Islands. Ada banyak alam liar yang bisa dieksplorasi di sana, termasuk melihat rombongan penguin-penguin kecil.

Melewati hamparan perkebunan di Yarra Valley.Dok. Tourism Australia Melewati hamparan perkebunan di Yarra Valley.
Terletak satu jam dari Melbourne Central Business District, Yarra Valley menyuguhkan pemandangan hamparan kebun anggur, rumput luas dan Sungai Yarra. Kalau berminat, Anda juga bisa mencoba pengalaman naik balon udara yang berdurasi satu jam.

Kemudian, di Philips Island Nature Park, Anda bisa melihat kawanan penguin kembali ke rumahnya dari arah pantai. Aktivitas pilihan lain ketika mampir di Phillips Island adalah berkunjung ke Koala Conservation Centre dan mengikuti EcoBoat Tour.

Pacific Coast Way, Queensland

Sementara itu, ada Pacific Coast Way sebagai rute coastal road trip di daerah Queensland. Jalurnya cukup panjang, yaitu 1.784 kilometer.

Beberapa pemandangan yang bisa dieksplorasi di sana antara lain mengamati paus dan melihat The Great Barrier Reef.

Kapan lagi Anda bisa mengamati paus bungkuk secara dekat, bukan? Untuk itu, bila Anda melakukan road trip di jalur ini, sempatkan mampir di Hervey Bay.

Dari sana, coba juga berkunjung ke pulau pasir terbesar di dunia, Fraser Island. Tentu saja, berbagai aktivitas air bisa dilakukan, dari sekadar berenang hingga menyelam.

Dengan banyaknya jalur road trip dan destinasi di Australia, pilihannya jatuh kembali di tangan Anda. Mau memulai dari kota apa dan berapa lama waktunya.

Jangan lupa perhatikan kelayakan kendaraan dan pertimbangkan pula budget untuk akomodasi, seperti tempat menginap. Agendakan pula untuk mencicipi kuliner lokal di beberapa restoran.

Setelah segala perencanaan dan persiapan lengkap, tunggu apa lagi? Siapkan koper Anda dan mulai petualangan coastal road trip di Australia.


Terkini Lainnya

Wahana dan Kolam Renang di Kampoeng Kaliboto Waterboom Karanganyar

Wahana dan Kolam Renang di Kampoeng Kaliboto Waterboom Karanganyar

Jalan Jalan
Gunung Ruang Meletus, AirAsia Batalkan Penerbangan ke Kota Kinabalu

Gunung Ruang Meletus, AirAsia Batalkan Penerbangan ke Kota Kinabalu

Travel Update
Kampoeng Kaliboto Waterboom: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Kampoeng Kaliboto Waterboom: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Jalan Jalan
Aktivitas Wisata di The Nice Garden Serpong

Aktivitas Wisata di The Nice Garden Serpong

Jalan Jalan
Delegasi Dialog Tingkat Tinggi dari China Akan Berwisata ke Pulau Padar Labuan Bajo

Delegasi Dialog Tingkat Tinggi dari China Akan Berwisata ke Pulau Padar Labuan Bajo

Travel Update
The Nice Garden Serpong: Tiket Masuk, Jam Buka, dan Lokasi

The Nice Garden Serpong: Tiket Masuk, Jam Buka, dan Lokasi

Jalan Jalan
Cara ke Sukabumi dari Bandung Naik Kendaraan Umum dan Travel

Cara ke Sukabumi dari Bandung Naik Kendaraan Umum dan Travel

Travel Tips
Pengembangan Bakauheni Harbour City di Lampung, Tempat Wisata Dekat Pelabuhan

Pengembangan Bakauheni Harbour City di Lampung, Tempat Wisata Dekat Pelabuhan

Travel Update
Asita Run 2024 Digelar di Bali Pekan Ini, Terbuka untuk Turis Asing

Asita Run 2024 Digelar di Bali Pekan Ini, Terbuka untuk Turis Asing

Travel Update
13 Telur Komodo Menetas di Pulau Rinca TN Komodo pada Awal 2024

13 Telur Komodo Menetas di Pulau Rinca TN Komodo pada Awal 2024

Travel Update
Tanggapan Kemenparekraf soal Jam Kerja 'Overtime' Sopir Bus Pariwisata

Tanggapan Kemenparekraf soal Jam Kerja "Overtime" Sopir Bus Pariwisata

Travel Update
Tip Jalan-jalan Jenius ke Luar Negeri, Tukar Mata Uang Asing 24/7 Langsung dari Aplikasi

Tip Jalan-jalan Jenius ke Luar Negeri, Tukar Mata Uang Asing 24/7 Langsung dari Aplikasi

BrandzView
Vietnam dan China Siap Bangun Jalur Kereta Cepat Sebelum 2030

Vietnam dan China Siap Bangun Jalur Kereta Cepat Sebelum 2030

Travel Update
Libur Lebaran, Tren Kunjungan Wisatawan di Labuan Bajo Meningkat

Libur Lebaran, Tren Kunjungan Wisatawan di Labuan Bajo Meningkat

Travel Update
ASDP Catat Perbedaan Tren Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024 Merak-Bakauheni

ASDP Catat Perbedaan Tren Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024 Merak-Bakauheni

Travel Update
komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com