Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melestarikan Budaya Leluhur lewat Ya’ahowu Nias Festival 2018

Kompas.com - 26/06/2018, 18:27 WIB
Gaby Bunga Saputra,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Peluncuran Ya’ahowu Nias Festival yang diadakan pada Senin malam (25/06/2018) di Balairung Soesilo Soedarman diresmikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Menteri Hukum dan HAM yang juga sebagai tokoh masyarakat Nias, Yasonna Laoly. Hadir pula Bupati Nias Selatan, Hilarius Huda.

Event yang berhasil masuk dalam agenda Top 100 Calendar of Event Wonderful Indonesia ini dulu dikenal dengan nama pesta Ya’ahowu.

Ini merupakan pesta budaya masyarakat Kepulauan Nias. Pesta ini diisi dengan pagelaran seni dan budaya leluhur masyarakat Nias dari empat kabupaten dan satu kotamadya.

Kepulauan Nias memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata. Banyak hal yang bisa Anda nikmati mulai dari pariwisata alam, budaya, hingga wisata buatan manusia.

Seperti destinasi surfing kelas dunia, panorama bahari pantai pasir putih, serta keunikan atraksi budaya lompat batu di Desa Bawomataluo.

Event tahunan daerah yang kaya akan budaya leluhurnya ini akan berlangsung di Nias Selatan pada 16-20 November 2018.

Atraksi budaya Kepulauan Nias, lompat batu dan tari perang menjadi pembukaan pada launching Yaahowu Nias Festival 2018.KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Atraksi budaya Kepulauan Nias, lompat batu dan tari perang menjadi pembukaan pada launching Yaahowu Nias Festival 2018.

Serangkaian acara telah dipersiapkan untuk mengajak anda mengenal budaya Nias di Ya’ahowu Nias Festival 2018. Antara lain atraksi tari perang spektakuler yang didukung oleh 1.000 penari, pameran pembangunan, produk unggulan dan kuliner Nias, Ya’ahowu Nias Parade, atraksi budaya dari kabupaten kota se-Kepulauan Nias, Ono Niha Sea Food, and Barbeque Festival, dan lomba voli pantai.

Tak ketinggalan budaya unik pelompatan batu kolosal yang didukung oleh 100 pelompat batu yang akan masuk rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Selain memperkenalkan budaya leluhur dan wisata, pada kesempatan yang sama juga akan diadakan event World Surfing League (WSL) Nias 2018 untuk memperkenalkan Pulau Nias sebagai destinasi wisata surfing kelas dunia.

Acara yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata ini akan diadakan pada 24-28 Agustus 2018 di Pantai Sarake, Nias Selatan.

Peresmian launching Yaahowu Nias Festival 2018 ditandai pemukulan gong oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya (25/06/2018).KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Peresmian launching Yaahowu Nias Festival 2018 ditandai pemukulan gong oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya (25/06/2018).
Acara ini diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisata ke Nias sekaligus mendukung program pariwisata nasional. Tahun ini Ya’ahowu Nias Festival menargetkan sekitar 50.000 pengunjung.

“Kami mengajak kita semua untuk bersama-sama berwisata ke Nias menyaksikan event Ya’ahowu Nias Festival 2018 dan kejuaraan surfing sembari menikmati keindahan panorama alam Pulau Nias dan keramahtamahan masyarakat terhadap setiap tamu yang datang," tutur Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com