Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habis "Nyoblos", Saatnya Wisata Kuliner Khas Bandung

Kompas.com - 27/06/2018, 14:10 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Libur di hari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Rabu (27/6/2018), menjadi momen tepat untuk berwisata kuliner.

Di Bandung ada banyak kuliner menggiurkan yang cocok untuk dicoba. Berikut adalah lima hidangan khas Bandung yang cocok untuk bersantap bersama keluarga dan teman:

1. Seblak

Makan seblak memang paling enak beramai-ramai. Rasa kuah seblak yang pedas dan gurih, serta pilihan isi yang banyak membuat makan lebih nikmat bersama teman.

Seblak bandung tak hanya berisikan kerupuk, mi, bakso, sosis saja. Namun, Anda bisa mencoba seblak yang berisikan ceker, tempura, kwetiauw, jamur, brokoli, wortel, hingga keju.

Beberapa gerai seblak terkenal di Bandung adalah Seblak Deu Tjenghar di Jalan Purnawarman, Seblak Mang Ogo di Gading Tutuka, Soreang, Seblak Dago di Jalan Dago, dan masih banyak lagi.

2. Batagor

Makanan satu ini memang identik dengan Bandung. Nikmatnya batagor dengan kulit garing, disiram dengan sambal kacang memang menggoda selera.

Gerai batagor ternama di Bandung antara lain Batagor Riri di Jalan Burangrang Nomor 41, Batagor H Darto di Jalan Ir H Djuanda Nomor 200, dan Batagor Kingsley di Jalan Veteran Nomor 25.

Mih Kocok? Mang Dadeng, tempat makan mie kocok di Jalan Banteng (KH.Ahmad Dahlan) No. 67 ini memiliki ciri khas di bumbu spesial yang merupakan rahasia keluarga. Ada 27 bumbu rempah yang digunakan.KOMPAS.com/Agie Permadi Mih Kocok? Mang Dadeng, tempat makan mie kocok di Jalan Banteng (KH.Ahmad Dahlan) No. 67 ini memiliki ciri khas di bumbu spesial yang merupakan rahasia keluarga. Ada 27 bumbu rempah yang digunakan.

3. Mie kocok

Bayangkan sore hari bersantap mie kocok dengan isian mi kuning, tauge, kikil, dan sum sum, disiram kaldu sapi bening. Hmmm rasanya sungguh nikmat.

Mie kocok Bandung memang selalu membuat rindu para pecinta mie. Beberapa warung mie kocok yang melegenda adalah Mie Kocok Persib di Jalan Ahmad Yani, serta Mih Kocok Mang Daeng di Jalan Banteng (KH Ahmad Dahlan) Nomor 67.

Nasi tutug oncom  dengan aneka lalapan, sambal, dan lauk.KOMPAS/PRIYOMBODO Nasi tutug oncom dengan aneka lalapan, sambal, dan lauk.

4. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom ini menambah selera makan jadi lebih besar. Lantaran rasa nasi yang bercampur dengan tumis oncom, terasa begitu nikmat.

Apalagi disantap dengan lauk khas Sunda yang akrab di lidah. Seperti ikan asin, ayam goreng, sayur asam, lalapan leunca, dan sambal.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com