Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Anak Laki-laki Pipis" yang Melegenda di Belgia

Kompas.com - 28/06/2018, 15:28 WIB
Azwar Ferdian,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

BRUSSELS, KOMPAS.COM - Lazimnya setiap kota besar yang memiliki ikon tersendiri, ibu kota Belgia yaitu Brussel  juga memiliki ikon-ikon khusus dan wajib disambangi.

Jika Jakarta punya Monas lalu Paris punya Menara Eiffel, Brussels punya Manneken Pis.

Jangan bayangkan Manneken Pis memiliki ukuran besar seperti Monas atau Menara Eiffel. Manneken Pis ternyata hanya patung anak kecil setinggi 60 sentimeter, dan berada di pojokan jalan yang terbilang sempit.

Akan tetapi, belum lengkap rasanya bila Anda berkunjung ke Brussels dan tidak mampir melihat patung anak kecil ini. Letaknya di pusat kota.

Menurut literatur, Manneken Pis adalah patung perunggu seorang anak kecil yang sedang buang air kecil. Lalu apa istimewanya patung anak kecil pipis tersebut hingga setiap hari hampir selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk berfoto.

Ramainya wisatawan berfoto di Mannekin Pis, Brussels.Azwar Ferdian/Kompas.com Ramainya wisatawan berfoto di Mannekin Pis, Brussels.

Patung ini dibuat oleh seniman Belgia bernama Hiëronymus Duquesnoy the Elder pada tahun 1618. Dikisahkan, anak kecil tersebut menyelamatkan Kota Brussels dari meriam serangan kekuatan asing pada abad ke-14.

Kota Brussels mampu bertahan selama beberapa hari, dan serangan terakhir akan menggunakan meriam untuk menghancurkan kota.

Sesaat akan diserang dengan bom, seorang bocah laki-laki bernama Julianske mengencingi sumbu meriam hingga mampu menyelamatkan kota.

Berkat itulah Julianske dianggap dewa penyelamat dan dibuatkan patungnya sebagai ikon kota.

Mannekin Pis di Brussels, BelgiaAzwar Ferdian/Kompas.com Mannekin Pis di Brussels, Belgia

Namun, itu hanyalah legenda yang tidak ada literaturnya. Cerita itu dibiarkan tetap melegenda, hingga menjadi daya tarik tersendiri buat wisatawan khususnya dari luar negeri yang datang ke Belgia.

Bila Anda menyukai cokelat, bisa mampir ke toko cokelat di sebelah patung Manneken Pis tersebut untuk sekadar membeli oleh-oleh. Uniknya, ada replika patung Mannekin Pis yang berbalut baju adat khas Palembang di dalam toko tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com