Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapore Airlines Dukung Pengembangan Pariwisata Indonesia

Kompas.com - 02/07/2018, 15:17 WIB
I Made Asdhiana

Editor

DENPASAR, KOMPAS.com - Maskapai Singapore Airlines mendukung pengembangan pariwisata di Indonesia, khususnya Bali, dengan menghadirkan armada terbaru Dreamliner Boeing 787-10 yang memiliki teknologi mutakhir dan ergonomis untuk melayani rute Singapura-Denpasar PP (pulang-pergi).

"Kami akan terus bekerja dengan banyak mitra untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dari industri pariwisata di Indonesia," kata General Manager Singapore Airlines Indonesia, Edwin Chiang ketika menyambut kedatangan pesawat baru itu di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (2/7/2018).

Baca juga: Inilah Salju Pertama di Bali

Menurut Edwin Chiang, destinasi Bali merupakan rute ketiga untuk penerbangan berjadwal yang dilayani pesawat baru itu setelah sebelumnya Osaka dan Perth serta menjadi provinsi pertama di Indonesia yang dilayani oleh armada terbaru Boeing 787 Dreamliner itu.

Pesawat anyar jenis tersebut merupakan armada yang baru pada akhir Maret 2018 diterima Singapura setelah diterbangkan dari pabriknya di Amerika Serikat.

Pesawat Boeing 787-10 pertama di dunia mendarat di Bandara Changi, Singapura. Pesawat Boeing 787-10 ini dimiliki oleh Singapore Airlines.Dok. Singapore Airlines Pesawat Boeing 787-10 pertama di dunia mendarat di Bandara Changi, Singapura. Pesawat Boeing 787-10 ini dimiliki oleh Singapore Airlines.
Dia mengatakan Bali merupakan salah satu destinasi wisata populer yang menarik wisatawan mancanegara, termasuk dari Singapura, sehingga membuat pihaknya memilih Bali sebagai rute ketiga yang dilayani.

Baca juga: Singapore Airlines Operasikan Rute Bali dengan Pesawat Teknologi Terbaru

Penerbangan menggunakan pesawat baru dengan nomor SQ-942 itu mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali pukul 11.44 WITA yang berangkat dari Bandara Changi Singapura pukul 09.15 waktu setempat.

Begitu tiba di Bandara Ngurah Rai, pesawat bercat warna putih yang membawa 337 penumpang itu kemudian disambut dengan menggunakan "water salute".

Baca juga: Jaring Wisman, Kemenpar Luncurkan Bali Hot Deals 2018

Sementara itu, penerbangan kembali ke Singapura akan berangkat dari Bali pukul 15.00 WITA dan tiba pukul 17.40 waktu setempat dengan nomor penerbangan SQ-943.

Turis mancanegara di kawasan persawahan Desa Kedisan, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu (22/11/2015). KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Turis mancanegara di kawasan persawahan Desa Kedisan, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu (22/11/2015).
Saat ini maskapai tersebut mengoperasikan lima penerbangan harian dari Singapura ke Bali dan 155 penerbangan mingguan ke sejumlah kota lain di Indonesia.

Pemerintah Singapura mencatat tahun 2017 sebanyak 2,95 juta wisatawan Indonesia berkunjung ke negeri tersebut dan 1,31 juta pengunjung dari Singapura melakukan perjalanan ke Indonesia, sebagian besar di antaranya berkunjung ke Bali.

Singapore Airlines merupakan maskapai pertama di dunia yang mengoperasikan pesawat buatan Amerika Serikat dengan panjang 68,3 meter dan menjadikan jenis tersebut yang terpanjang di antara dua varian Dreamliner yakni Boeing 787-8 dan 787-9.

Pesawat bermesin Rolls Royce yang diklaim efisien bahan bakar itu dilengkapi 337 kursi terdiri dari 36 kursi bisnis dengan konfigurasi 1-2-1 dan 301 kursi ekonomi berkonfigurasi 3-3-3.

Peserta membawa Gebogan ketika mengikuti Pawai Pesta Kesenian Bali ke-40 di Denpasar, Bali, Sabtu (23/6/2018). Pesta Kesenian Bali yang mengangkat tema Teja Dharmaning Kauripan, Api Spirit Penciptaan menampilkan berbagai kesenian dari perwakilan dari Pemerintah Provinsi Bali, sembilan kabupaten/kota di Bali, sejumlah universitas di Bali serta peserta dari luar negeri dan berlangsung hingga 21 Juli 2018.ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO Peserta membawa Gebogan ketika mengikuti Pawai Pesta Kesenian Bali ke-40 di Denpasar, Bali, Sabtu (23/6/2018). Pesta Kesenian Bali yang mengangkat tema Teja Dharmaning Kauripan, Api Spirit Penciptaan menampilkan berbagai kesenian dari perwakilan dari Pemerintah Provinsi Bali, sembilan kabupaten/kota di Bali, sejumlah universitas di Bali serta peserta dari luar negeri dan berlangsung hingga 21 Juli 2018.
Untuk kelas bisnis, kursi penumpang bisa diubah menjadi tempat tidur dan akses langsung ke lorong bagi penumpang kelas bisnis serta kelas ekonomi berupa sandaran kursi yang dirancang ergonomis dengan sandaran kepala yang bisa disesuaikan dalam enam posisi dan hiburan dalam penerbangan.

Mau liburan gratis ke Jepang? Ikuti kuis "Ohayo Jepang"  dengan klik link berikut ini "Mau Liburan Gratis ke Jepang? Ikuti Kuis "Ohayo Jepang" Ini" dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di banner pada bagian bawah artikel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com