Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Indahnya Lautan Okinawa dari Menara Pulau Kouri

Kompas.com - 17/07/2018, 16:10 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

NAHA, KOMPAS.com - Melihat keindahan pulau-pulau di Jepang tidak hanya dari helokopter atau pesawat, Anda bisa menaiki menara setinggi 85 meter di Pulau Kouri.

Sebagai negara kepulauan, Jepang terbilang apik mengelola pulau-pulau kecilnya. Banyak pulau-pulau kecil di daerah Okinawa memiliki atraksi wisatanya sendiri, mulai diving, watersport, pantai, taman wisata, museum, hingga menara sangat tinggi.

Salah satu contohnya Pulau Kouri yang berada di timur laut Semenanjung Motobu, bagian utara Okinawa, Jepang. Di pulau yang hanya delapan kilometer panjang kelilingnya ini terdapat tiga destinasi utama, yaitu Heart of Rock, Pantai Kouri, dan Kouri Jima Tower.

Baca juga: Ada di Okinawa, Jembatan Non Tol Terpanjang di Jepang

KompasTravel sempat mengunjungi Kouri Jima Tower, bersama Okinawa Convention & Visitors Bureau (OCVB), Sabtu (30/6/2018).

Sebelum menaiki tower ini, wisatawan akan melewati jembatan non tol terpanjang di Jepang, yang menghubungkan Pulau Kouri dan Pulau Yagaji.

Perjalanan menuju Kouri Ocean Tower untuk melihat pulau Okinawa dari ketinggian, Sabtu (30/6/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Perjalanan menuju Kouri Ocean Tower untuk melihat pulau Okinawa dari ketinggian, Sabtu (30/6/2018).
Setelah 20 menit melewati jembatan tersebut, wisatawan disambut keindahan pasir putih dengan pepohonan lebat sub tropis, juga gagahnya Kouri Jima Tower di tengah pulau.

Setelah membayar tiket dan masuk, untuk naik ke tower ini tidak langsung menggunakan lift, tetapi Anda akan diantar mobil otomatis tanpa sopir mengelilingi taman subtropis hingga ke lantai pertama.

Baca juga: Kastil Ini Bukti Jepang Punya Kerajaan Besar di Okinawa

Selain mobil yang unik, berjalan tanpa sopir walau jalanan berkelok dan menanjak, pemandangan dari atas taman subtropis cukup istimewa. Anda bisa melihat lautan Okinawa yang bersih, dengan gugusan pulau-pulau kecilnya.

"Jangan kagum dulu, nanti di atas observatorium lebih bagus lagi," kata Ai Munakata, tour guide yang saat itu mendampingi KompasTravel.

Indahnya pantai-pantai Okinawa dilihat dari Kouri Ocean Tower di pulau Kouri, Sabtu (30/6/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Indahnya pantai-pantai Okinawa dilihat dari Kouri Ocean Tower di pulau Kouri, Sabtu (30/6/2018).
Turun dari mobil otomatis, Anda disambut museum kerang di lantai satu tower ini. Tertulis lebih dari 10.000 jenis kerang dari lautan sekitar Jepang terpajang di belasan etalase museum.

Baca juga: Ini Aktivitas Seru Berlibur di Okinawa World Jepang 

Etalase-etalase tersebut mengelompokkan kerang berdasarkan keunikannya, ada kumpulan kerang-kerang berwarna, kumpulan keran berbentuk unik, hingga kumpulan kerang cantik dengan bentuk mulus yang menghasilkan mutiara.

Tidak hanya museum, Anda juga bisa membeli berbagai kerajinan dari kerang di sisi museum. Antara lain ada hiasan dinding, kerajinan tangan dari kerang, kerajinan mutiara, hingga perhiasan mutiara dengan harga fantastis.

Di lantai ini juga terdapat resto, dan gerai oleh-oleh yang menjual makanan-minuman dan suvenir Okinawa.

Kami pun tidak sabar untuk melihat keindahan gugusan Pulau Okinawa dari puncak menara atau tower ini. Wisatawan akan dibawa menggunakan lift untuk menjangkau dua lantai teratas di tower yang merupakan observatorium.

Mutiara dari kerang salah satu oleh-oleh mewah dari Pulau Kouri, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Mutiara dari kerang salah satu oleh-oleh mewah dari Pulau Kouri, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018).
Sesampainya di atas, terdapat tiga lantai tempat Anda melihat ke lautan lepas. Di lantai pertama observatorium Anda bisa melihat melalui jendela kaca yang tertutup rapat, lantai kedua sebagian jendela kaca terbuka, sehingga Anda bisa merasakan anginnya.

Sedangkan di lantai paling atasnya merupakan roof top yang dengan bebas Anda bisa melihat 360 derajat Pulau Kouri, pulau utama Okinawa, dan gugusan pulau-pulau Okinawa lainnya.

Empasan angin berembus sangat kuat, Anda harus berpegangan ke pagar besi yang mengelilingi lantai ini.

Puncak tower itu juga kerap dijadikan tempat pengantin mengabadikan foto sebelum dan sesudah menikah. Pulau tersebut memang termasuk salah satu pulau romantis, sering menjadi tempat sebuah resepsi pernikahan, hingga lokasi berbulan madu.

"Ada satu gedung pernikahan cantik yang bisa dipakai resepsi di pulau ini, nanti foto pre wed-nya di menara, honeymoon-nya di resort-resort pantainya," kata Ai Munakata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com