Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Watu Lawang, Menikmati Keindahan Pantai "Tersembunyi" di Gunungkidul

Kompas.com - 23/07/2018, 20:30 WIB
Markus Yuwono,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Pantai Watu Lawang di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, bisa jadi salah satu pilihan baru wisatawan yang berkunjung ke wilayah pesisir selatan Yogyakarta. Dengan pasir putih dan memiliki tempat kemah yang menghadap ke laut, wisatawan bisa menikmati Pantai Watu Lawang.

Salah seorang pengelola pantai Watu Lawang Budi mengatakan, awalnya meski kunjungan wisatawan di Gunungkidul cukup ramai, tetapi tak banyak orang yang mengetahui mengenai keberadaan pantai Watu Lawang.

Padahal pantai tersebut berlokasi diantara Pantai Indrayanti di sebelah Baratnya dan Pantai Pok Tunggal di sebelah timurnya.

Wisatawan yang datang pun, sebagian diantaranya melakukan ritual di sebuah gua, yang kerap digunakan sebagai lokasi upacara Nyadran.

"Awalnya banyak yang datang dari ritual tersebut. Setelah itu, dari mulut ke mulut Gua Watu Lawang atau Pantai Watu Lawang itu semakin terkenal," ucapnya.

Sebagian Wisatawan Melakukan Camping di Pantai Watu Lawang, Tepus, Gunungkidul, Jumat (20/7/2018)Kompas.com/Markus Yuwono Sebagian Wisatawan Melakukan Camping di Pantai Watu Lawang, Tepus, Gunungkidul, Jumat (20/7/2018)

Tiga tahun terakhir, semakin banyak wisatawan yang inin menyaksikan sunrise atau matahari terbit hingga sunset atau matahari tenggelam. Tempat makan, gazebo, lahan parkir dan beberapa fasilitas lainnya mulai dibangun.

"Tempat untuk camping juga luas, di atas perbukitan sehingga bisa melihat langsung luasnya lautan. Disini belum begitu ramai juga kan. Masih tenang, jadi enak orang mau melihat pemandangan sunset, sunrise,"katanya

Diakui Budi, akses masuk belum begitu bagus sehingga para wisatawan harus sabar untuk menuju Pantai Watu Lawang.

"Akses jalan yang masih perlu perbaikan," katanya

Salah seorang wisatawan, Kelvian Adi, mengaku senang bisa berkunjung ke pantai Watu Lawang. Suasana pantai yang masih sepi sehingga cukup bisa untuk menenangkan diri saat banyak masalah.

"Tempatnya nyaman karena masih terbilang sepi disini. Belum banyak yang tahu sepertinya. Jadi lebih bisa menikmati suasana pantai," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com