Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Raja Ampat, Api Obor Asian Games Dibawa ke Pianemo

Kompas.com - 26/07/2018, 07:21 WIB
Gaby Bunga Saputra,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setelah singgah di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), rombongan pembawa api obor Asian Games 2018 melanjutkan perjalanannya menuju Raja Ampat, Papua Barat tepatnya di Pianemo. Kirab obor Asian Games akan tiba di bandara Raja Ampat pukul 06.45 WIT, Kamis (25/7/2018).

Kemudian melanjutkan perjalanan dengan berlayar menggunakan kapal cepat menuju mini jeti Pianemo. Berikutnya dengan kapal perang daerah menuju pos pintu Pianemo, salah satu kawasan populer di Raja Ampat. Kirab obor akan sampai di pos pintu Pianemo pada pukul 09.45 WIT.

Baca juga: Mengenal Tempat Persinggahan Api Obor Asian Games di Mataram

Kirab obor juga akan dibawa berenang, diving dan berlari mengitari sekitar Pulau Pianemo. Perenang putra andalan Indonesia, Richard Sambera, akan membawa api obor sambil berenang.

Petualang wanita yang gemar diving, Nadine Chandrawinata akan membawa kirab obor menyelam di bawah laut dengan diving, kemudian dilanjutkan berlari sampai Puncak Pianemo.

Destinasi wisata Pianemo, di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Destinasi wisata Pianemo, di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016).
Pasti Anda tidak asing lagi melihat foto Pianemo, karena pulau ini sering menjadi tujuan para traveler. Pulau Pianemo terletak di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Dikenal dengan keindahan pulau-pulau kecil yang bermunculan di tengah laut dengan pemandangan air laut biru kehijauan.

Baca juga: 4 Obyek Wisata di Bali yang Dilewati Kirab Obor Asian Games 2018

Raja Ampat juga menawarkan keindahan bawah laut dengan ragam flora dan fauna yang memesona. Sebagian besar pengunjung yang berkunjung ke Raja Ampat memiliki tujuan yang sama yaitu diving.

Terdapat banyak spot menyelam di kawasan ini, di bawah laut Raja Ampat terdapat 603 jenis terumbu karang keras. Spesies ikan mencapai 1.400 jenis. 

Wisatawan menikmati pemandangan gugusan pulau karst dari Bukit Piaynemo, Desa Pam, Kecamatan Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Senin (31/11/2016).KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati pemandangan gugusan pulau karst dari Bukit Piaynemo, Desa Pam, Kecamatan Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Senin (31/11/2016).
Selain itu Anda bisa menikmati pemandangan Pianemo dari ketinggian agar bisa memandang seluruh penjuru pulau di Puncak Pianemo. Sebelum menuju puncak Pianemo pengunjung harus menaiki 320 anak tangga. Setelah melewati ratusan anak tersebut, pengunjung akan disuguhkan pemandangan bukit-bukit karst yang menjulag tinggi.

Pianemo relatif mudah dijangkau. Dari Pelabuhan Waisai yang merupakan pusat administrasi Kabupaten Raja Ampat, perjalanan ke Pianemo bisa ditempuh sekitar dua sampai tiga jam dengan speedboat.

Waktu yang tepat untuk mendatangi Pianemo adalah pagi hari. Terik matahari pagi akan menambah keindahan Pianemo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com