Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Cross Border Atambua 2018 Siap Gaet Wisatawan Timor Leste

Kompas.com - 27/07/2018, 20:21 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

ATAMBUA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata siap menggelar Festival Cross Border Atambua 2018 di Kota Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, mengatakan kegiatan itu akan digelar selama dua hari yakni 27 - 28 Juli 2018.

"Event ini dipastikan akan meriah dengan hadirnya mantan vokalis band Cokelat, Kikan, sebagai pengisi puncak acara," ucap Pitana, Jumat (27/7/2018).

Festival Cross Border, lanjut Pitana, akan terpusat di Lapangan Simpang Lima Kota Atambua. Selain Kikan, event ini juga menampilkan musisi asal Timor Leste yaitu Ego Lemos.

Menurut Pitana, Festival Cross Border Atambua 2018 merupakan agenda tahunan yang digelar oleh Kementerian Pariwisata. Festival selalu mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat lokal dan wisatawan mancanegara dari Timor Leste maupun wisatawan nusantara.

"Kegiatan ini telah menjadi agenda tahunan Kementerian Pariwisata yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi NTT dan Dinas Pariwisata Kabupaten Belu. Acaranya berbentuk konser musik dan pertunjukan seni budaya,” jelasnya.

Baca juga: Atambua, Kota Konser Cross Border

Tujuan digelarnya event ini adalah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya yang berasal dari negara tetangga yang berbatasan darat dengan Indonesia yaitu Timor Leste.

“Kita ingin meningkatkan kunjungan wisman, khususnya pasar Timor Leste lewat pos-pos pintu perbatasan. Khususnya yang ada di NTT melalui tiga Pos Lintas Batas Negara (PLBN), yaitu PLBN Mota’ain di Belu, PLBN Motamasin Malaka, dan PLBN Wini di Timor Tengah Utara. Juga melalui enam PLB lainnya,” katanya.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III, Kementerian Pariwisata, Muh Ricky Fauziyani menambahkan dari dua hari pelaksanaan Festival Cross Border Atambua 2018, target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 1.000 orang.

“Rinciannya, dalam sehari bisa masuk 300 wisatawan mancanegara di PLBN Mota’ain, 100 di PLBN Motamasin, dan 100 di PLBN Wini. Jadi dalam dua hari pelaksanaan, bisa mencapai 1.000 orang wisman. Kita optimis target ini bisa terpenuhi. Karena musisi yang tampil sudah punya nama,” jelas Fauziyani.

Fauziyani mengatakan Festival Cross Border Atambua 2018 juga sesuai dengan Nawa Cita ke-3 Presiden Joko Widodo, yakni membangun Indonesia dari pinggiran, dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Kabid Pemasaran Area II Regional III di Deputi Bidang Pemasaran I, Hendry Noviardi, menegaskan festival ini selalu memiliki daya tarik bagi wisatawan.

“Kemasan Festival Cross Border selalu mempunyai daya tarik sehingga wisatawan datang dalam jumlah besar. Unsur atraksi yang menarik dan jarak yang tidak terlalu jauh menjadi alasan wisatawan cross border selalu memadati event seperti Festival Cross Border Atambua 2018 ini,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belu, Yohanes Andreas Prihatin, mengatakan selain bisa menjaring wisman, agenda ini juga turut mengenalkan potensi seni dan budaya Atambua.

Event ini bukan hanya soal musik. Ada kegiatan budaya yang juga ditampilkan. Oleh sebab itu, Festival Cross Border Atambua 2018 diharapkan menjadi sarana yang tepat untuk mengenalkan senin dan budaya Atambua dan Belu,” paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung pelaksanaan Festival Cross Border Atambua 2018. Sebab, event ini memperkuat sektor pariwisata Indonesia hingga ke daerah perbatasan.

“Menjaring wisatawan di daerah perbatasan adalah langkah yang baik. Potensi kehadiran mereka sangat tinggi. Apalagi jika disuguhan dengan atraksi yang luar biasa dan mereka kenal. Kali ini cross border Atambua disuguhkan dengan atraksi musik berkualitas dan sudah dikenal. Apalagi musisi dari negara tetangga juga terlibat. Saya yakin event ini akan sukses. Ayo datang ke Atambua,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com