Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Ikutan, Paket Wisata di Palembang untuk Asian Games 2018

Kompas.com - 30/07/2018, 20:21 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut Asian Games, paket wisata di daerah Palembang disiapkankan oleh Pemprov, ASITA (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies), dan HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) lokal.

"Ada paket wisata satu hari dan setengah hari, berbayar dan gratis yang dibuat oleh 86 agen perjalanan anggota ASITA yang diwajibkan membuat paket di hotel-hotel," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Camelyn Sinaga di acara jumpa pers jelang Hari Belanja Diskon Indonesia 2018 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (30/7/2018).

Paket wisata khusus Asian Games ini disebutkan Irene hanya berlangsung selama satu bulan, dari 4 Agustus - 2 September 2018.

Baca juga: Palembang Jadi Tuan Rumah Hari Belanja Diskon Indonesia 2018

Salah satu paket gratis bagi wisatawan adalah 10 perahu ketek yang menyusuri Sungai Musi, Palembang. Paket wisata ini gratis karena disubsidi oleh pemerintah.

Paket wisata ini dimulai dari Benteng Kota Besar setiao hari dan pendaftaran berada di loket di lokasi titik mulai.

Puncak merapi gunung Dempo kota PagaralamDokumen KOMPAS.com/ Aji YK Putra Puncak merapi gunung Dempo kota Pagaralam

Selain perahu ketek, Irene juga merekomendasikan LRT Palembang yang melewati Jembatan Ampera, menyebrangi Sungai Musi sebagai atraksi wisata.

"Ini juga menjadi wisata, karena Ampera adalah cagar budaya dan sejarah," sebut Irene.

LRT Palembang juga disebutkan terkoneksi langsung dengan empat pusat perbelanjaan.

Jika ingin yang lebih menantang pada 8-11 Agustus 2018, ada Pagar Alam Heritage Trail, wisata petualangan di Gunung Dempo sekaligus menjelajah jejak warisan bersejarah di situs peninggalan tengah alam.

Persiapan lain yang dilakukan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018 adalah memaksimalkan akomodasi dan transportasi.

Irene menyebutkan saat ini ada 6.448 hotel bintang dan non bintang di Palembang. Sedangkan kursi penerbangan domestik ke Palembang dari 16 kota besar tersedia 7.648 buah, dengan 500 kursi penerbangan internasional dari Singapura dan Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com