Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Membeli Kopi Indonesia via Online Terus Naik

Kompas.com - 31/07/2018, 13:25 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan meningkatnya tren kopi di Indonesia, penjualan di toko online termasuk e-commerce pun mulai merangkak naik. 

Country Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar, mengatakan kenaikan penjualan kopi terus naik dari 2017 awal hingga kini mencapai empat kali lipat.

"Kenaikannya seiring tren masyarakat terhadap kopi, banyaknya kedai-kedai kopi, begitupun di online. Sekarang orang semakin tahu taste kopi terutama kopi Nusantara yang beragam," tuturnya saat acara Shopee X Anomali Coffee di Gerai Anomali Coffee Menteng, Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee dan Abdul Azis, Operational Manager Anomali Coffee, berfoto bersama, saat acara konfrensi pers Shopee X Anomali Coffee di Gerai Anomali Coffee Menteng, Jakarta Jumat (27/7/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee dan Abdul Azis, Operational Manager Anomali Coffee, berfoto bersama, saat acara konfrensi pers Shopee X Anomali Coffee di Gerai Anomali Coffee Menteng, Jakarta Jumat (27/7/2018).
Rezki mengatakan kini masyarakat semkin tahu berbagai jenis kopi di Indonesia. Hal tersebut terlihat juga di pasar online, beberapa jenis kopi Nusantara marak dibeli oleh masyarakat yang ingin lebih mengenal rasa.

"Uniknya tak hanya biji kopi, tapi juga peralatannya dan souvenir lain. Memang kalau dibandingkan dengan produk fashion masih kalah jauh perbandingannya, tapi kopi ini pasarnya nice dan kalau sudah suka bakal loyal," kata Rezki.

Baca juga: Mengenal Krema, Bagian Paling Manis dalam Secangkir Kopi

Jenis kopi yang ramai dibeli di pasar online-nya cenderung merata, tetapi masih dominan di jenis yang sudah familiar di offline seperti kopi toraja, kopi jawa, dan kopi aceh gayo.

Seseorang pengunjug sedang menilai aroma kopi dalam acara Anomali Coffee X Shopee, di Anomali Coffee Menteng, Jakarta, Jumat (27/7/2018).Anomali Coffee Seseorang pengunjug sedang menilai aroma kopi dalam acara Anomali Coffee X Shopee, di Anomali Coffee Menteng, Jakarta, Jumat (27/7/2018).
Rezki mengatakan pada awal tren kopi merebak, penjual biji kopi di online justru di dominasi UMKM, ataupun merek-merek yang belum terkenal secara offline. Namun sekarang pemain-pemain besar di offline juga mulai mendominasi pasar online.

"Kalau dulu ramainya UMKM kopi (di pasar online), kadang-kadeng kepercayaan brand-nya juga belum terlalu dapat (percaya), rata-rata pembelian pertama tasting dulu," tuturnya.

Baca juga: Cafflano, Alat Seduh Sederhana untuk Kopi Nusantara

Sedangkan saat merek-merek yang sudah terkenal di offline merambah ke pasar online, pembelinya mudah untuk percaya dan loyal.

"Biasanya itu yang memang pelanggannya di offline, atau udah sering nikmatin kopi di kedainya langsung, jadi pas beli online udah lebih percaya," jelas Rezki kepada KompasTravel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com